Wujud Demokrasi Pemilihan Umum Pilkada Bengkalis 2020 Segera Tiba



Bathin Solapan-Meminjam pendapat  Abraham Lincoln, disampaikan pemuka masyarakat Desa Balai Makam, Friyono adalah demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan yang diselenggarakan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. 

“Salah satu wujud dari demokrasi adalah adanya pemilihan umum termasuk juga pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang diselenggarakan dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat,”ujar Friyono Ahad (5/7) petang.

Menjawab tujuan dari pemilihan kepala daerah diungkapkan Friyono adalah satu implementasi perwujudan kedaulatan rakyat berada ditangan rakyat.

Tujuan lainnya dari Pilkada, merupakan sarana  membentuk perwakilan politik yang berkualitas.

“Juga sarana penggantian pemimpin dan sarana bagi pemimpin politik untuk memperoleh legitimasi dari rakyat dan merupakan simbol sarana partisipasi masyarakat,”terangnya.

Bahkan Friyono menambahkan bahwa untuk Pilkada berjalan lancar makanya harus terpenuhinya asas-asasnya pemilu yakni langsung, umum, bebas dan rahasia (Luber) dan jujur dan adil (Jurdil)

Untuk mendapatkan pemimpin yang ideal, menurut Islam secara umum ada dua aspek kriteria terhadap pemimpin yang baik ialah kuat (mampu) dan amanah.

Yang dimaksud dengan kuat adalah kuat dalam menyelesaikan hukum di tengah-tengah masyarakat kembali ke tingkat keilmuannya menentukan keadaan yang dipilih al-Quran dan sunah, sekaligus kemampuan menerapkan hukum itu.

Sedangkan amanah merupakan kembali kepada kesungguhan orang untuk takut kepada Allah, tidak memperjualbelikan ayat Allah untuk kepentingan dunia, dan tidak takut dengan perjuangan manusia.

Selanjutnya Friyono memberikan kabar jika syarat kepala daerah sebagaimana

syarat telah ditetapkan dalam Pasal 58 UU No 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan daerah bahwa Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah adalah warga negara Republik Indonesia.

“Kita sebagai masyarakat tentu sangat berharap bahwa kesehatan, pendidikan dan perekonomian rakyat akan menjadi program utamanya dari kepala daerah. Karena masalah kesehatan, pendidikan  merupakan kunci dari pertumbuhan ekonomi rakyat,”tukasnya. (Joe)


Sumber: https://riauone.com/riau/Wujud-Demokrasi-Pemilihan-Umum-Pilkada-Bengkalis-2020-Segera-Tiba
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...