WHO: Sebenarnya Korban Meninggal Akibat COVID-19 Lebih dari 1 Juta Orang


(CAKAPLAH) – Total kematian di seluruh dunia akibat COVID-19 telah mencapai lebih dari 1 juta orang. Jumlah pasien meninggal tertinggi berasal dari Amerika Serikat (202 ribu), Brasil (142 ribu), dan India (97 ribu).

“Kemarin menandakan pijakan suram dalam pertempuran bersama kita melawan COVID-19. Satu juta orang dikonfirmasi kehilangan nyawa mereka karena virus baru ini,” ujar pemimpin WHO Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam acara PBB, Rabu (30/9/2020).

“Angka sebenarnya tentunya lebih tinggi,” ia menambahkan.

Pemerintah AS pernah menyebut bahwa negara seperti China tak jujur dalam menampilkan data. Presiden AS Donald Trump juga curiga bahwa Rusia dan India tak memberikan angka kematian yang benar.

Jangankan di luar negeri, angka resmi milik pemerintah juga berbeda dari data Lapor Covid-19.

Berdasarkan data situs https://covid19.go.id/, pasien yang meninggal akibat COVID-19 di Indonesia ada 10.174 orang.

Sementara, data Lapor Covid-19 menyebut totalnya ada 20.673 kematian terkait COVID-19. Jumlah kematian tersebut hampir dua kali lipat lebih tinggi ketimbang data resmi pemerintah.

WHO lantas meminta agar dunia kompak dalam berkontribusi agar program seperti Access to COVID-19 Tools (ACT) Accelerator bisa didukung bersama. Program itu bertujuan agar dunia memiliki akses terhadap vaksin hingga terapeutik sehingga pandemi ini bisa terkendali.

Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com


Sumber : https://www.cakaplah.com/berita/baca/59579/2020/10/01/who-sebenarnya-korban-meninggal-akibat-covid19-lebih-dari-1-juta-orang/
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...