Wajib Tahu, Ini 4 Sebab Wajah Bruntusan


Suara.com – Bruntusan menjadi salah satu masalah kulit yang paling sering dialami. Bentuknya yang kecil dan banyak pada area wajah tertentu jadi bikin muka kita terlihat enggak mulus.

Hal ini tentu membuat kita menjadi kurang percaya diri lantaran kulit wajah tidak terlihat mulus. Bruntusan bisa muncul pada bagian tubuh mana pun.

Beberapa daerah yang rentan sekali mengalami bruntusan adalah di bagian T-zone (dahi, hidung, dan dagu).

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab timbulnya bruntusan. Dr. Richard Lee mengungkapkan sedikitnya ada 5 penyebab bruntusan pada wajah.

Baca Juga: 3 Produk Skincare Dasar Buat Cowok Pemalas yang Mau Mulai Merawat Diri

Ilustrasi wajah bruntusan. (pixabay/Kjerstin_Michaela)

Pertama adalah merkuri. Masih ada saja produk kecantikan wajah yang menggunakan merkuri untuk membuat wajah glowing dalam waktu singkat. Namun, penggunaan merkuri ini ternyata bisa membuat kulit wajah menjadi hancur dan beruntusan.

“Jadi waktu penggunaan merkuri itu bagus banget, glowing banget, pori-pori pun nggak ada. Tetapi begitu di stop, hancur semua muka kalian penuh dengan bruntusan bahkan bisa disertai jerawatan yang gede-ged,” kata Dr. Ricard dilansir melalui akun TikToknya @drrichardlee.

Kedua, lanjutnya,penyalahgunaan hidrokuinon dan steroid. “ Jadi hidrokuinon dan steroid kalau disalahgunakan nih dan digunakan jangka panjang lalu kalian stop akan menimbulkan beruntusan di seluruh wajah dan disertai dengan flek yang biasa kita sebut okonosis. Nah keduanya hanya boleh diresepin oleh dokter. Tetapi kenyataannya banyak banget kita temui di lapangan,” katanya.

Ketiga adalah salah cara pakai. Dimana masih banyak orang yang masih salah menggunakan skincare. Misalnya, krim malam digunakan disiang hari dank rim siang digunakan pada malam hari. “Terus ada juga yang cuci wajah sampai empat kali sehari, supaya apa, supaya cepat bersihnya. Padahal nggak kayak begitu. Salah cara menggunakan itu bisa menyebabkan kulit kamu bruntusan,” katanya.

Keempat, overdosis krim. Jadi menurutnya krim itu zat aktif dan zat aktif itu sebenarnya yang tidak memiliki fungsi yang sama sehingga harus berhati-hati dalam menggunakan produk skincare. Harus memilih produk yang tepat sesuai dengan yang dibutuhkan untuk kulit. 

Baca Juga: Wajah Dibilang Mirip Lucinta Luna, Reza Gladys Dituding Operasi Plastik


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2021/05/11/163000/wajib-tahu-ini-4-sebab-wajah-bruntusan
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...