займ на карту онлайн

Wabup Terpilih Geram Banyak Sampah Berserakan di Depan Istana Siak, Unggah Foto Lewat Facebook


Wabup Terpilih Geram Banyak Sampah Berserakan di Depan Istana Siak, Unggah Foto Lewat Facebook

SIAK (CAKAPLAH) – Buang sampah sembarangan sudah menjadi kebiasaan buruk masyarakat ketika berkunjung ke tempat-tempat wisata. Termasuk di objek wisata Istana Siak atau Istana Asserayah Hasyimiah di Siak Sriindrapura.

Melihat fenomena tersebut, Wakil Bupati Siak terpilih pada Pilkada 2020 lalu, Husni Merza merasa geram sekaligus sedih. Ia lantas berkomentar dan mengunggah foto tumpukan sampah yang berada di lapangan Siak Bermadah depan Istana Siak melalui fanpage facebooknya.

“Terjadi di setiap pagi hari pada liburan lebaran ini, TUMPUKAN SAMPAH di lapangan Siak Bermadah depan Istana Siak. Atas nama warga Siak, saya mengimbau kepada segenap pengunjung tempat wisata di Kota Siak untuk selain menerapkan protokol kesehatan Covid-19, juga saling menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya,” tulis Husni Merza, Ahad (16/5/2021).

Postingannya tersebut mendapat banyak perhatian warganet. Banyak komentar yang mengatakan bahwa hal itu atas kurangnya kesadaran masyarakat. Dan ada pula komentar yang malah memberikan saran kepada Wabup Siak itu.

Seperti akun facebook @Cuya Cuya yang menyarankan adanya kebijakan denda buang sampah di Siak.

“Didenda aja pak, yang nampak buang sampah sembarangan…biar jera orang tu pak,” komentarnya.

Selain itu, ada pula netizen yang menyarankan agar menambah tong sampah di sekitar Istana Siak tersebut agar masyarakat sadar kebersihan.

Bahkan ada pula komentar yang menyatakan adanya indikasi pembuangan sampah sembarangan yang dilakukan oleh oknum pegawai warung atau kafe yang beroperasi di sekitar Istana Siak itu.

“Di sekitar tepian Sungai Siak tepatnya di sepanjang jalan yang ada kafenya juga banyak oknum pegawai kafe buang sampah ke Sungai Siak Pak Wakil,” tulis akun Fb @Purnama Hari.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan Setdakab Siak, Budhi Yuwono dikonfirmasi CAKAPLAH.com juga mengungkapkan kekesalannya atas kejadian tersebut.

Ia mengatakan Pemkab Siak telah menyiapkan tong sampah di beberapa titik di sekitar lapangan tersebut untuk pengunjung supaya tidak membuang sampah sembarangan apalagi ke Sungai Siak.

“Buang sampah harus di tempat yang sudah kita sediakan, jangan lagi buang ke sungai, itu sudah mencemari sungai. Pengunjung juga sudah disosialisasikan lewat petugas kebersihan biasanya, supaya jangan buang sampah ke Sungai Siak. Intinya saling menjaga biar sama-sama menikmati,” pesannya.***

Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com


Sumber : https://www.cakaplah.com/berita/baca/69571/2021/05/17/wabup-terpilih-geram-banyak-sampah-berserakan-di-depan-istana-siak-unggah-foto-lewat-facebook/
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...