Vaksin Virus Corona Buatan China Menunjukkan Hasil yang Menjanjikan Pada Pasien yang Terinfeksi


RIAU24.COM –  Negara-negara di seluruh dunia sedang bersiap untuk mengembangkan vaksin yang dapat menyingkirkan virus corona, penyakit yang telah menyebar ke seluruh dunia dan menewaskan lebih dari 340.000 orang. Sementara vaksin Universitas Oxford akan bergerak ke fase selanjutnya dari perkembangannya, Cina juga memiliki beberapa berita yang menggembirakan ketika perlombaan untuk menemukan obatnya menemukan titik cerah.

Cina, negara tempat virus berasal telah melihat kandidat vaksin pertama menyelesaikan uji coba fase satu pada manusia, dan hasilnya menjanjikan. Vaksin tersebut tampaknya aman dan dapat melindungi orang dari virus korona yang mematikan.

Baca Juga: Para Ilmuwan Asal Inggris Memprediksi Tanggal Pasti Kapan Dunia Akan Bebas Dari Virus Corona, Ini Metode yang Digunakan

The Lancet, sebuah jurnal medis yang disegani di Inggris, menerbitkan hasil pada hari Jumat dengan mengatakan itu “aman” dan “menginduksi respon imun yang cepat.”

Penelitian ini menyuntikkan vaksin potensial ke 108 sukarelawan. Mereka dibagi menjadi tiga kelompok, masing-masing mengambil dosis vaksin yang berbeda.

Menurut sebuah laporan di The New York Times, mengutip percobaan tahap awal, yang diterbitkan dalam jurnal online Lancet, mereka yang menerima satu dosis vaksin menghasilkan sel kekebalan tertentu, yang disebut sel T, dalam waktu dua minggu sementara antibodi yang dibutuhkan untuk kekebalan memuncak pada 28 hari setelah inokulasi.

Selama 28 hari berikutnya, tidak ada reaksi serius yang ditemukan, yang berarti vaksin tersebut tampaknya dapat ditoleransi oleh manusia.

Juga, antibodi terhadap SARS-CoV-2 mulai melonjak dua minggu setelah injeksi dan mencapai puncaknya pada hari ke 28.

Baca Juga: Bisakah Ganja Mencegah Penyebaran Covid-19? Hasil Penelitian Oleh Ilmuwan Kanada Ini Akan Mengejutkan Anda

Vaksin ini dilaporkan dibuat dengan virus, yang disebut Ad5, dimodifikasi untuk membawa instruksi genetik ke dalam sel manusia. Sel mulai membuat protein coronavirus; sistem kekebalan tubuh belajar mengenali protein dan menyerang protein itu, secara teori mencegah virus korona dari mendapatkan pijakan.

Vaksin ini “memerlukan penyelidikan lebih lanjut,” makalah The Lancet menyimpulkan.

Sebuah uji klinis fase-2 telah dimulai dengan melibatkan 508 sukarelawan.



Sumber : http://riau24.com/berita/baca/1590247760-vaksin-virus-corona-buatan-china-menunjukkan-hasil-yang-menjanjikan-pada-pasien-yang-terinfeksi
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...