Terjadi Kerumunan saat Kunjungan Presiden Jokowi di Maumere


JAKARTA (CAKAPLAH) – Pihak Istana Negara menyatakan telah terjadi kerumunan masyarakat saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Maumere, Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), sebagaimana rekaman video yang beredar di media sosial.

Demikian disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan yang diterima CAKAPLAH.COM, Selasa (23/2/2021).

Dijelaskannya, kedatangan Presiden Jokowi di Maumere dan rombongan yang terlihat disambut kerumunan masyarakat, tanpa menjaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan.


Sebagaimana terlihat pada video itu, diakibatkan Jokowi dan rombongan tersendat dalam kemacetan, lantaran masyarakat merangsek masuk ke jalan.

“Benar itu video di Maumere. Setibanya di Maumere, Presiden dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Bendungan Napun Gete. Saat dalam perjalanan, masyarakat sudah menunggu rangkaian di pinggir jalan, saat rangkaian melambat masyarakat maju ke tengah jalan sehingga membuat iring-iringan berhenti,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (23/2/2021) di Jakarta.

Menurut Bey respon kerumunan itu adalah reaksi spontan dari masyarakat Maumere dalam menyambut dan melihat kepala negara. Sehingga Presiden Jokowi pun menyapa dari mobil.

“Jadi sebenarnya, itu melihat spontanitas dan antusiasme masyarakat Maumere menyambut kedatangan Presiden Jokowi. Dan kebetulan mobil yang digunakan Presiden atapnya dapat dibuka, sehingga Presiden dapat menyapa masyarakat, sekaligus mengingatkan penggunaan masker,” tutur Bey.

Tidak hanya itu, Bey juga menegaskan pada saat kerumunan tersebut terjadi. Presiden Jokowi, juga tengah berupaya untuk mengingatkan masyarakat agar kembali menaati protokol kesehatan, dengan menjaga jarak dan menggenakan masker.

“Karena kalau diperhatikan, dalam video tampak saat menyapa pun Presiden mengingatkan warga untuk menggunakan masker dengan menunjukkan masker yang digunakannya,” tambahnya.

Sementara terkait souvenir yang diberikan Jokowi kepada masyarakat, Bey menjelaskan itu bentuk spontanitas Presiden Jokowi. Namun dia menekankan, Presiden Jokowi tetap mengingatkan protokol kesehatan bagi masyarakat.

“Itu spontanitas presiden untuk menghargai antusiasme masyarakat, suvenirnya itu buku, kaos, dan masker. Tapi poinnya, presiden tetap mengingatkan warga tetap taati protokol kesehatan,” tandasnya.

Sebelumnya beredar video di media sosial instagram yang menunjukkan sejumlah masyarakat, tampak berkerumun di pinggir jalan menyambut kedatangan Presiden Jokowi di NTT.

Kemudian, tampak Jokowi yang mengenakan kemeja putih bermasker tersebut melambaikan tangan dari atas mobil kepada masyarakat. Sontak masyarakat pun semakin antusias dan beberapa diantaranya berteriak.

Lalu, terlihat juga Jokowi sempat masuk ke dalam mobil dan membagikan souvenir kepada masyarakat Maumere yang sudah menunggunya.

Selain itu tampak aparat dari TNI-Polri dan Paspampres bersusah payah untuk membuka jalan lantaran aksesnya yang tertutup oleh masyarakat.***

Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com


Sumber : https://www.cakaplah.com/berita/baca/65706/2021/02/23/terjadi-kerumunan-saat-kunjungan-presiden-jokowi-di-maumere/
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...