Terima SK PKB, Anak Mantan Ketua KPU Tiga Periode Siap Dampingi Afrizal Sintong di Pilkada Rohil


Anak Mantan Ketua KPU Tiga Periode Siap Dampingi Afrizal Sintong di Pilkada Rohil

Rohil (CAKAPLAH) – Surat Keputusan (SK) DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tertanggal 28 Juli 2020 yang lalu akhirnya menjawab teka-teki siapa sesungguhnya pendamping bakal calon bupati Rokan Hilir Afrizal pada Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang.

Sosok pendamping Afrizal Sintong sesuai SK tersebut adalah H Sulaiman Azhar Syakban SS MH seorang birokrat yang kini menjabat sebagai Kabid Pendataan dan Pelayanan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) di Pemkab Rohil.

Haji Leman biasa pria itu disapa, awalnya sempat mencuat sebagai calon wakil Bupati pendamping Afrizal Sintong. Namun mencuatnya hanya beberapa saat saja dan kembali menghilang seiring beredarnya foto Afrizal dengan Azhar Syakban sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Rohil di berbagai media sosial.

Keduanya juga terlihat selalu seiring sejalan ke mana-mana, bahkan hingga ke Jakarta untuk berbagai lobi-lobi politik di DPP.

Warga Rohil sendiri tak mempermasalahkan soal berpindahnya “kursi” calon wakil bupati itu kepada Azhar Syakban yang dikenal akrab dengan panggilan Wak Atan. Sebab, Komisaris Utama PT SPR itu tak lain tak bukan adalah ayah kandung Sulaiman sendiri.

Apalagi, Azhar Syakban merupakan salah satu tokoh sentral di Rokan Hilir dan tiga periode menjadi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rokan Hilir hingga tahun 2015 lalu.

Di masa Azhar Syakban-lah, tokoh Rohil lainnya dan mantan Ketua DPRD setempat, Annas Makmun dua periode menjadi Bupati dan kemudian naik ke kursi Gubernur Riau.

Namun ternyata semua itu bagian dari strategi, manuver dan gerilya politik seorang politisi ulung Azhar Syakban. Karena, di saat yang tepat tiba-tiba sang ayah menepi dan memberikan jalan selebar-lebarnya untuk anak sulung dan putra mahkotanya Sulaiman Azhar Syakban SS MH.

Momen yang dipilih adalah ketika Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) secara ikhlas dan tanpa mahar menyatakan siap mengusung pasangan Afrizal Sintong-Sulaiman Azhar Syakban sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati untuk berlaga di Pilkada Rohil.

“Alhamdulillah atas amanah dan kepercayaan ini. Insya Allah, saya siap melangkah dan sekaligus menanggalkan status saya sebagai ASN demi untuk Rokan Hilir yang lebih baik ke depannya,” kata Sulaiman saat ditemui, Ahad (2/8/2020).

Leman mengakui, kancah politik sekelas Pilkada memang baru baginya. Namun, soal organisasi kemasyarakatan ia pernah menjadi Ketua IKMI Kabupaten Rohil. Kini Leman menjadi Wakil Ketua PC Anshor serta Ketua Ikatan Alumni PMII dan pengurus MUI Rokan Hilir periode 2018-2023.

“Salah satu pertimbangan saya karena sudah sangat sering diminta dan didorong banyak kalangan masyarakat di berbagai daerah untuk ikut Pilkada. Keluarga juga memberi restu dan mendukung,” pungkasnya.

Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com


Sumber : https://www.cakaplah.com/berita/baca/57126/2020/08/02/anak-mantan-ketua-kpu-tiga-periode-siap-dampingi-afrizal-sintong-di-pilkada-rohil/
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...