займ на карту онлайн

Soroti Masalah Lingkungan, Ini 7 Fakta Menarik Hari Bumi



Suara.com – Setiap tanggal 22 April, dunia merayakan Hari Bumi. Hari perayaan ini kerap digunakan untuk menyoroti berbagai masalah lingkungan seperti perubahan iklim yang dihadapi planet kita karena kemajuan industri dan teknologi.

Seluruh lapisan masyarakat akan menanam pohon, membersihkan sampah, dan kesadaran akan masalah yang mengganggu planet ini pun akan ditingkatkan.

Untuk merayakan Hari Bumi yang ke 51 pada tahun 2021 ini, simak yuk fakta menarik tentang Hari Bumi, seperti yang dilansir dari Mental Floss.

1. Hari Bumi diciptakan berkat usaha tanpa lelah dari Senator Wisconsin, Gaylord Nelson
Senator Gaylord Nelson tiba di Washington pada tahun 1963 untuk melakukan gerakan konservasi pemula — sebagian dipicu oleh buku terlaris Rachel Carson di New York Times Silent Spring, yang memperingatkan tentang efek berbahaya dari penggunaan pestisida yang meluas.

Baca Juga: Hari Bumi, Banyak Orang Temukan Manfaat Bekerja di Rumah Selama Pandemi!

Setelah menyaksikan dampak tumpahan minyak di California pada tahun 1969, Nelson menggandakan komitmennya untuk meningkatkan kesadaran lingkungan. Mengambil inspirasi dari gerakan anti-perang yang energik pada saat itu, ia meminta dukungan dari kedua sisi spektrum politik, dan pada tanggal 22 April 1970, Hari Bumi lahir.

2. John F. Kennedy memainkan peran awal untuk mempromosikan konservasi lingkungan
Pada tahun 1963, Gaylord Nelson mengusulkan “Tur Konservasi” kepada Jaksa Agung Robert F. Kennedy dan Arthur Schlesinger, anggota kabinet dari Presiden Kennedy. Schlesinger secara pribadi mendukung gagasan itu kepada presiden, sementara Nelson menulis memo langsung kepada Kennedy, mengenai langkah berani senator baru dari Wisconsin.

Kennedy, bagaimanapun, sangat reseptif, dan pada 24 September 1963, ia memulai tur multi-negara bertema konservasi. Presiden AS ini didampingi oleh Sekretaris Dalam Negeri, Stewart Udall, Sekretaris Pertanian Orville Freeman, serta Nelson dan beberapa senator tambahan, mengunjungi 11 negara bagian dalam lima hari.

Nelson kecewa dengan pidato presiden, mengatakan bahwa mereka “tidak memiliki banyak pengaruh atau drama bagi mereka.” Selain itu, anggota pers mengabaikan masalah lingkungan dan malah memfokuskan pertanyaan mereka pada situasi nuklir yang tegang dengan Uni Soviet. Menurutnya akan menjadi tujuh tahun lagi sampai Hari Bumi menjadi kenyataan.

3. Hari Bumi pertama, ada 20 juta masyarakat AS turun ke jalan
Hari Bumi pertama menandai kombinasi aneh dari aksi unjuk rasa yang riuh dan refleksi yang tenang tentang keadaan planet ini. Protes, demonstrasi, penggalangan dana, jalan-jalan alam, pidato, konser, dan setiap jenis pertemuan sipil yang bisa dibayangkan berlangsung di perguruan tinggi, lapangan umum, dan taman di seluruh AS pada tanggal 22 April 1970.

Baca Juga: Di Rumah Aja, Ini 5 Kegiatan Seru untuk Rayakan Hari Bumi

Beberapa hal yang lebih berwarna pada hari itu termasuk uji coba tiruan untuk benda-benda yang dinilai mencemari lingkungan, seperti Chevrolet tua, yang dijatuhi hukuman mati dengan palu godam. Mobil itu akhirnya selamat dari pemukulan dan disumbangkan ke kelas seni.


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2021/04/22/113718/soroti-masalah-lingkungan-ini-7-fakta-menarik-hari-bumi
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...