Simak, Berbagai Cara Allah Mengabulkan Doa Hambanya



Suara.com – Ketika berdoa, Allah mengabulkan doa para hambanya dengan berbagai macam cara. Karena itu, berdoa merupakan termasuk ibadah yang dilakukan setelah salat wajib.

Dalam beberapa ayat Al-Qur’an, Allah memerintahkan para hambanya untuk berdoa. Dilansir NU.or.id, ini kutipan ayat yang menjelaskannya:

“Jika hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang-Ku, maka (jawablah), ‘Aku dekat. Aku akan mengabulkan permohonan orang yang berdoa jika ia memohon kepada-Ku.’” (Surat Al-Baqarah ayat 186).

“Tuhanmu berkata, ‘Memohonlah kepada-Ku, niscaya Kukabulkan permohonanmu.’” (Surat Ghafir ayat 60).

Baca Juga: Sangat Mudah di Hafal Berikut Bacaan Doa Buka Puasa

Selain Al-Qur’an yang menganjurkan para hambanya untuk senantiasa berdoa, keterangan dari Syekh Ibrahim Al-Baijuri juga mengungkap pengabulan doa bagi hambanya sebagai berikut:

“Ketahuilah, pengabulan doa manusia (ijabatud du‘a) diwujudkan dalam berbagai bentuk,” (Lihat Syekh M Ibrahim Al-Baijuri, Syarah Tuhfatul Murid ala Jauharatit Tauhid, [Indonesia, Daru Ihyail Kutubil Arabiyyah: tanpa catatan tahun] halaman 92).

Allah memiliki berbagai cara untuk mengabulkan doa para hambanya, berikut beberapa caranya:

  • Terkadang Allah mengabulkan segera doa hamba-Nya sesuai dengan harapan dan permohonan mereka.
  • Adakalanya Allah menunda pengabulan doa hamba-Nya sesuai dengan harapan dan permohonan mereka karena ada hikmah tertentu.
  • Terkadang juga Allah mengabulkan doa hamba-Nya dengan bentuk yang berbeda dari harapan dan permohonan mereka karena permintaan dan permohonan mereka tidak mengandung kemaslahatan yang bersifat kontan. Sedangkan pada gantinya terdapat kemaslahatan yang bersifat kontan.
  • Sisi lain, jika berdoa yang bersifat keinginan dan keinginan tersebut tidak terkabul, Allah SWT akan mengabulkan dan menggantikan dengan yang lain yang lebih dari sekadar keinginan. Melainkan apa yang dibutuhkan.

Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2021/02/23/142439/simak-berbagai-cara-allah-mengabulkan-doa-hambanya
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...