Sepele tapi Penting, 5 Tips dan Trik Menggunakan Oven agar Tetap Awet


Suara.com – Selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB), tentu tidak sedikit dari warga masyarakat yang melakukan aktivitas di rumah. Biasanya, berkutat dengan oven untuk membuat kue menjadi salah satu kegiatan yang cukup digemari masyarakat.

Tak hanya untuk membuat kue, oven juga sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk memasak berbagai macam sajian seperti ayam panggang serta masakan lainnya.

Tidak cuma sekedar menggunakannya untuk membuat berbagai macam makanan, Anda wajib tahu tips dan trik merawat oven agar tetap bersih serta awet.

Nah, berikut Suara.com bagikan tips dan trik merawat oven yang berhasil kami rangkum dari laman Asia One, Kamis (17/9/2020).

Lakukan ini untuk menghemat listrik

Oven biasanya memiliki watt cukup besar dan tentu saja rasanya akan boros jika terlalu lama menggunakannya. Untuk mengakali hal ini, Anda bisa mematikan oven sebelum akhir waktu memasak yang ditentukan.

Biarkan makanan di dalam oven yang masih dalam kondis panas selama 10 menit. Dengan begini, Anda bisa menghemat 10 hingga 25 persen tagihan listrik di rumah.

Jauhkan benda berbahan logam dari dasar oven

Jangan sekali-kali meletakkan pemanggang, baki atau kertas alumunium di dasar oven. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan cukup parah pada oven. Biasakan juga untuk menutup pintu oven dalam kondisi dingin agar fungsi panel tidak cepat rusak alias awet. 

Ilustrasi memanggang roti dalam oven. (Pixabay/Matthias Boeckel)

Hilangkan es pada daging sebelum dimasak dalam oven


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2020/09/17/140500/sepele-tapi-penting-5-tips-dan-trik-menggunakan-oven-agar-tetap-awet
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...