Sempat Positif Covid-19, Kini Balon Bupati Meranti Abdul Rauf Dinyatakan Negatif, Ini Respon KPU


RIAU24.COM – Bakal calon wakil Bupati Kepulauan Meranti Abdul Rauf dinyatakan negatif virus corona oleh pihak rumah sakit pasca sebelumnya dinyatakan positif. Kabar tersebut disampaikan salah satu pengurus PKS. 

“Alhamdulillah hasil tes swab (Abdul Rauf) di Eka Hospital hari ini sudah keluar, dan hasilnya negatif,” kata ketua DPW PKS Hendry Munief. Kamis 24 September 2020.

Baca Juga: Didoakan Anak Yatim, MANTAP Dapat Nomor Urut 3, Husni Thamrin: Alhamdulillah Lambang Bersatunya Masyarakat

Dengan demikian, lanjut Munief, opsi untuk pergantian calon di Meranti tidak akan dilakukan, pihaknya tetap mengusung Said Hasyim – Abdul Rauf.

Sebelumnya, KPU Kepulauan Meranti telah menetapkan tiga pasangan calon Pilkada Kepulauan Meranti. Pada hari ini, sudah dilakukan pencacabutan nomor urut.

Untuk Paslon Adil – Asmar yang berjargon AOK (Adil Orang Kite) mendapat nomor urut 1, pasangan Hery Saputra – M Khozin dengan jargon Berseri Penuh Berkah Milenial Sporty dan Santri ini mendapat nomor urut 2. Terakhir pasangan berjargon Beriman, Mahmuzin Taher – Nuriman Khair, mendapat nomor urut 3.

Sementara Bapaslon Said Hasyim – Abdul Rauf belum melanjutkan tahapan Pilkada pasca mendaftar ke KPU Kepulauan Meranti. Mereka juga belum ditetapkan sebagai pasangan calon oleh KPU karena ketika itu Abdul Rauf positif Covid-19.

Menangapi hal itu komisioner KPU Nugroho Noto Susanto mengatakan bahwa Abdul Rauf sudah bisa ditetapkan memenuhi syarat (MS) sebagai Paslon. Sebab sesuai aturan Bapaslon yang awalnya positif covid19, dan kemudian dinyatakan sembuh (negative) akan ditetapkan memenuhi syarat (MS) sebagai Paslon. 

“Bapaslon yang awalnya positif covid19, dan kemudian dinyatakan sembuh (negative) akan ditetapkan memenuhi syarat (MS) sebagai Paslon, “katanya.

Baca Juga: Politisi Gerindra Suhaidi Dukung Konser Ditiadakan Dalam Pilkada 2020

Terkait untuk teknis pengundian nomor urutnya sendiri lanjut Nugroho, ada dua diantaranya, pertama apabila terdapat 1 (satu) Pasangan Calon yang telah dinyatakan negatif atau sembuh dari Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan ditetapkan sebagai Pasangan Calon, nomor urut Pasangan Calon yang bersangkutan mengikuti nomor urut berikutnya setelah nomor urut Pasangan Calon yang sudah ditetapkan sesuai dengan jadwal dan tahapan yang ditentukan dalam Peraturan KPU yang mengatur mengenai tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan. 

“Kedua apabila terdapat lebih dari 1 (satu) Pasangan Calon yang telah dinyatakan negatif atau sembuh dari Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan ditetapkan sebagai Pasangan Calon, dilakukan pengundian nomor urut di antara Pasangan Calon yang bersangkutan dengan mengikuti nomor urut berikutnya setelah nomor urut Pasangan Calon yang sudah ditetapkan sesuai dengan jadwal dan tahapan yang ditentukan dalam Peraturan KPU yang mengatur mengenai tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan, “jelasnya.

 

 



Sumber : https://www.riau24.com/berita/baca/1600940613-sempat-positif-covid-19-kini-balon-bupati-meranti-abdul-rauf-dinyatakan-negatif-ini-respon-kpu
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...