займ на карту онлайн

Self Care Beda dengan Menjadi Egois, Ketahui Manfaat dan Contohnya di Sini!



Suara.com – Melakukan perawatan untuk diri sendiri atau self care adalah hal yang penting dilakukan oleh semua orang. 

Self care dilakukan untuk mengembangkan diri, menjaga kesehatan fisik, kesejahteraan, dan juga menjaga kesehatan mental.

Dikatakan Co-Founder of Character Matters Indonesia Fauziah Nur Damayanti, self care menjadi tanggung jawab individu sebelum akhirnya memiliki tanggung jawab untuk orang lain.

“Singkatnya itu menjaga diri sendiri. Ini dilakukan secara sadar karena itu tanggung jawab diri sendiri. Karenanya, kita perlu ambil tindakan dan harus dilakukan dari diri sendiri sebelum orang lain,” ungkapnya pada acara Self Care: Prioritize Yourself, Kamis (10/6/2021).

Baca Juga: Pengendara Mobil Toyota Parkir Egois, Reaksi ‘Pedas’ Orang Ini Tuai Pujian

Kata Fauziah, self care berbeda dengan bersikah egois. Contohnya, kata Fauziah, mengenakan alat oksigen saat di pesawat terbang mengalami turbulensi.

“Di situ dibilang pakailah masker oksigen dahulu baru menyelamatkan anak. Nah, ini bisa terapkan di kehidupan sehari-hari. Bagaimana mau menolong orang lain kalau diri sendiri belum tertolong?” katanya lebih lanjut.

Beberapa cara self care juga tak menelan biaya dan hanya mengandalkan kemauan dan kesadaran menjaga diri. Misalnya berolahraga, rutin mandi dua kali sehari, dan makan makanan sehat juga tepat waktu.

“Nggak harus mengeluarkan duit juga, walaupun terdengar mudah tapi kita selalu dihadapkan dengan rasa bersalah,” lanjutnya.

Beberapa lainnya seperti menghabiskan waktu dengan bermanfaat seperti membaca buku, merapikan kamar yang sudah berantakan dan melakukan tanggungjawab sederhana lainnya.

Baca Juga: Hari Buku Sedunia: Lakukan 4 Kebiasaan Ini Untuk Membaca Buku Secara Tuntas

“Akhirnya ada dua pilihan, mau me time dulu tapi merasa bersalah, atau mau merapihkan kamar dulu baru baca buku sepuasnya,” pungkasnya.  


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2021/06/11/120048/self-care-beda-dengan-menjadi-egois-ketahui-manfaat-dan-contohnya-di-sini
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...