Selain Hindari Begadang, Ini Cara Mudah Obati Mata Panda


Suara.com – Mata panda adalah istilah untuk menunjukkan munculnya lingkaran hitam di kulit sekitar mata. Kondisi ini biasanya muncul disertai mata bengkak atau sembab. Munculnya lingkar hitam ini umumnya tidak berbahaya dan hanya bersifat sementara.

Hal ini biasa terjadi oleh pria maupun wanita dan umumnya disebabkan oleh kelelahan atau kurang tidur, menangis terlalu lama, mengalami dehidrasi, merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol, menatap layar komputer atau gawai terlalu lama.

Tak hanya itu, mata panda juga disebabkan oleh proses penuaan seseorang. Seiring bertambah usia, tubuh akan mengalami penipisan kulit dan berkurangnya jaringan lemak serta kolagen. Hal ini membuat pembuluh darah di bawah mata terlihat menonjol, sehingga warna kulit lebih gelap.

Jika Anda mengalaminya, ada beragam cara mudah menghilangkan mata panda yang dapat Anda coba lakukan di rumah, berikut Suara.com rangkum dari Alodokter, antara lain:

Baca Juga: Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam di Bawah Mata

1. Menggunakan kompres dingin

Samarkan mata panda. (shutterstock)

Mata panda terbentuk karena pembuluh darah di bawah kulit sekitar mata melebar. Untuk menghilangkan mata panda, Anda bisa memberi kompres dingin di bawah mata guna mengecilkan pembuluh darah yang melebar.

Caranya mudah, cukup bungkus es batu dengan kain bersih atau rendam kain di dalam air dingin, lalu tempatkan di kulit sekitar mata yang menggelap selama 15–20 menit.

2. Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh

Salah satu penyebab munculnya mata panda adalah dehidrasi. Oleh karena itu, Anda perlu minum air putih minimal 8 gelas setiap hari agar kebutuhan cairan tubuh tercukupi. Kekurangan cairan tubuh dapat membuat Anda lesu dan mata panda semakin jelas terlihat.

Baca Juga: Kandungan dalam Makanan ini Dapat Menghilangkan Kantung Mata

3. Menggunakan bahan alami


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2020/10/27/161500/selain-hindari-begadang-ini-cara-mudah-obati-mata-panda
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...