Home / Daerah Barometer / Sekda Meranti Ajak Warga Budayakan Hidup Bersih dan Sehat Lewat Cuci Tangan

Sekda Meranti Ajak Warga Budayakan Hidup Bersih dan Sehat Lewat Cuci Tangan

RIAUMANDIRI.CO, MERANTI – Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Yulian Norwis didampingi Kepala Dinas Kesehatan dr Roswita dan Kabag Kesra Husni Gamal beserta rombongan menghadiri acara Cuci Tangan Sedunia. Kegiatan dalam rangka sosialisasi hidup bersih dan sehat kepada masyarakat itu dipusatkan di Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Senin (5/11/2018).

Dalam sambutannya, Sekda mengucapkan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan itu. Menurutnya perilaku hidup bersih dan sehat harus dibudayakan oleh masyarakat. Dengn begitu akan terjadi peningkatan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat.

Seperti yang saat ini sedang disosialisasikan oleh Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti di Desa Sungai Tohor, Kecamatan Tebing Tinggi Barat. Untuk itu, ia mengimbau seluruh lapisan masyarakat khususnya di Kecamatan Tebing Tinggi Barat untuk membudayakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) melalui Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) yang saat ini terus digaungkan oleh Pemerintah.

Menurutnya Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti berupaya meningkatkan kesehatan masyarakat. Namun tanpa adanya kesadaran masyarakat, semua itu tidak akan tercapai. Dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat harus dimulai dari diri sendiri, dengan tidak mengkonsumsi narkoba, minuman beralkohol, selalu makan makanan yang sehat, dan yang tak kalah penting budayakan cuci tangan sebelum makan.

Dengan penerapan pola hidup sehat tersebut Sekda berharap ke depan masyarakat Meranti semakin sehat dan daerah semakin maju.

Yulian Norwis juga meminta kepada seluruh jajaran Puskemas Desa Sungai Tohor untuk berpartisipasi aktif menyosialisasikan hidup sehat dengan cuci tangan kepada masyarakat.

“Saya minta kepada pihak puskemas dan jajaran untuk berpartisipasi aktif menyosialisasikan prilaku hidup sehat secara masif, hingga ke pelosok desa sehingga kualitas kesehatan masyarakat Meranti meningkat,” ucap Sekda.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti dr Roswita menjelaskan, Hari Cuci Tangan selalu dirayakan setiap tanggal 15 Oktober. Kegiatan ini diperingati untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bertapa pentingnya membudayakan hidup bersih dan sehat.

Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti menilai, untuk wilayah Desa Sungai Tohor, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, kualitas kesehatan masyarakat sudah cukup baik. Selain itu, pelaksanaan program imunisasi MR mencapai persentase tertinggi dibandingkan desa lainnya.

Disebutkan Roswita, dengan prestasi itu Desa Sungai Tohor keluar menjadi juara I dalam Lomba Pola Hidup Besih dan Sehat.

Lebih jauh disampaikan Sekda, dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, dirinya atas nama Pemkab Kepulauan Meranti, juga mengimbau kepada masyarakat mengikuti imunisasi MR, agar terhindar dari penyakit campak.

Selain itu, dikatakan Sekda, dalam menjamin pelayanan kesehatan masyarakat Pemkab Meranti akan membangun puskesmas perawatan di tiap kecamatan, sehingga masyarakat yang sakit dapat memperoleh penanganan awal sebelum dirujuk ke rumah sakit. (rls/humas)


Sumber : https://www.riaumandiri.co/read/detail/64774/sekda-meranti-ajak-warga-budayakan-hidup-bersih-dan-sehat-lewat-cuci-tangan

JulPrimaMutia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *