Sedih! Setelah Film 5 CM, Sampah di Ranu Kumbolo Semeru Capai 6 Ton


Suara.com – Film 5 cm yang berlatarkan Gunung Semeru membuat banyak orang tertarik ingin menunjungi destinasi tersebut. Tapi, sayangnya ketertarikan itu tidak diiringi dengan tanggung jawab terhadap lingkungan.

Alhasil, sampah di Ranu Kumbolo salah satu jalur pendakian gunung semeru didapati 6 ton sampah dalam waktu 4 haru saja.

Puncak Gunung Semeru, Malang, Jawa Timur, Minggu (31/7).

“Memang Semeru yang mamanya gunung tertinggi di Jawa banyak yang ingin naik ke Semeru ditambah film 5 CM. Sampai pernah kita coba menghitung di tahun 2013, dalam waktu 4 hari saja 15 hingga 18 Agustus, dalam 4 hari sampah tertinggal di Ranukumbolo lebih dari 6 ton,” ujar Sekretatis Sahabat Volunteer Semeru (SAVER), Han Sonny dalam acara Virtual Escape Tour Semeru oleh Traval dan Sebumi, Sabtu (14/7/2020).

Ia mengatakan meski sedikit geram dengan sampah-sampah yang bertaburan. Akhirnya Han dan warga sekitar mengusahakan segala upaya agar 6 ton sampah itu bisa dibawa turun.

“Akhirnya kita perlu melakukana sesuatu waktu itu luar biasa banget, sama warga sekitar waktu itu berjuang habis-habisan,” terang Hans.

Sehingga kampanye zero waste itu harus digalakan tidak hanya pendaki, tetapi juga di kehiduroan sehari-hari. Ia berharap jangan sampai ingin melihat hal yang indah, tapi kedatangan ke alam kita malah mengotori hal yang indah itu.

“Kampanye zero waste, adalah kampanye pendaki gunung yang bertanggung jawab harus di kampanyekan,” tutupnya.


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2020/07/05/062500/sedih-setelah-film-5-cm-sampah-di-ranu-kumbolo-semeru-capai-6-ton
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...