Secara Tidak Sengaja, Ilmuwan Menemukan Spesies yang Hidup Pada Suhu Minus 2 Derajat Celcius di Bawah Lapisan Es Antartika


RIAU24.COM –  Sekelompok peneliti yang melakukan survei di Antartika secara tidak sengaja menemukan spesies yang hidup pada suhu -2 ° C di bawah lapisan es di tenggara Laut Weddell. Penemuan itu dibuat oleh ahli biogeografer Huw Griffiths dari British Antarctic Survey, saat dia bekerja dengan tim penjelajahnya di Filchner-Ronne Ice Shelf.

British Antarctic Survey membagikan video pendek di Twitter, di mana Griffiths membagikan detail tentang penemuannya yang luar biasa.

Para ahli geologi berada lebih dari 150 mil dari laut terbuka ketika mereka membuat lubang melalui es setebal 3.000 kaki dengan bor air panas dan menurunkan alat inti dan kamera video ke dalam air laut yang gelap di bawahnya.

Baca Juga: Ilmuwan Asal India Menemukan Perangkat Anti-Mendengkur, Bekerja Dengan Cara Mengejutkan Lidah

Mereka mengira dasar lautnya adalah lumpur, tetapi kecewa ketika mereka menabrak batu besar, yang berarti mereka tidak bisa mendapatkan sampel sedimen yang diinginkan. Namun yang mengejutkan mereka, kamera menunjukkan koloni hewan “diam” yang menempel pada batu – mungkin spons dan makhluk laut terkait.

Dalam survei sebelumnya di daerah tersebut, makhluk seperti ikan, cacing, dan ubur-ubur ditemukan hidup di bawah lapisan es. Tapi yang ditemukan Griffiths dan timnya adalah spesies pengumpan filter. “Kami baru-baru ini menemukan kehidupan yang hidup jauh di bawah lapisan es raksasa yang mengapung. Apa yang kami temukan sangat mengejutkan karena kami tidak pernah menyangka hewan jenis ini, hewan yang menyaring makanannya dari kolom air, ditemukan sejauh ini dari sumber makanan. atau siang hari, “kata Griffiths dalam video tersebut.

“Semua yang kami ketahui tentang lingkungan di bawah es ini berasal dari beberapa lubang yang dibor oleh manusia melalui es dan kemudian kamera diturunkan,” tambahnya. Griffiths mengatakan penelitian tersebut telah mengungkapkan bahwa manusia mungkin tidak mengetahui berapa luas sebenarnya di bawah lapisan es di benua Antartika. Griffiths dan timnya menemukan satu spons pengumpan filter pada tangkai, 15 spons tanpa tangkai, dan 22 organisme pengintai yang tidak teridentifikasi yang dapat berupa spons atau spesies lain seperti teritip, cnidaria, atau polychaetes.

Baca Juga: Akhirnya, Elemen Radioaktif Einsteinium Berhasil Diuraikan

Penelitian tersebut kini telah dipublikasikan di Frontiers in Marine Science. Ini berbagi informasi rinci tentang makhluk itu dan bagaimana mereka ditemukan di bawah es setinggi 890 meter. Video lain yang dibagikan di Twitter oleh British Antarctic Survey menunjukkan momen kamera menangkap spesies di bawah lapisan es.

Penemuan ini menunjukkan bahwa kehidupan dapat eksis di lingkungan yang menurut ilmu pengetahuan tidak semestinya: “Masih ada hal-hal yang harus kita pelajari,” kata Griffiths. “Masih ada hewan di luar sana yang dapat melanggar aturan yang telah kami tulis untuk mereka.”



Sumber : https://www.riau24.com/berita/baca/1613464105-secara-tidak-sengaja-ilmuwan-menemukan-spesies-yang-hidup-pada-suhu-minus-2-derajat-celcius-di-bawah-lapisan-es-antartika
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...