Saat Resesi 3 Hal Ini Tak Boleh Dilakukan Para Investor Saham


RIAU24.COM –  Analis CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan, hal pertama saat resesi yang mesti dilakukan para investor adalah tidak berspekulasi dalam membeli saham. Sebab, di tengah situasi pasar yang tak menentu ini tentu akan banyak sentimen negatif yang memengaruhi harga saham.

Baca Juga: Turun Lagi, Harga Emas Batang Antam Hari Ini di Level Rp 1.006.000/gram

“Jangan berspekulasi,” kata Reza mengutip dari Okezone, Minggu 27 September 2020.

Kedua, tak semua investor berani menambah investasinya di tengah gejolak ekonomi ini. Oleh sebab itu, bila tak mempunyai keteguhan hati untuk terus bermain di pasar saham, maka baiknya segera pindahkan uangnya ke dalam bentuk tabungan atau deposito.

“Maka bersih-bersih portofolio akan dilakukan dan memindahkan ke instrumen investasi lainnya. Misal, dari saham ke obligasi, atau dari saham ke tabungan maupun deposito,” ujarnya.

Sementara itu, Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi menambahkan, hal berikut atau ketiga yang mesti dilakukan investor saat resesi adalah memindahkan portofolionya di emiten yang harga sahamnya terus menurun. Lalu, pelajari beberapa perusahaan yang dilihat memiliki prospek baik meski sedang Covid-19.

“Kurangin bobot portofolio saham-saham yang terkena imbas sangat besar dan perbanyak bobot portofolio saham-saham defensif dan memiliki dividen yield cukup menjanjikan,” katanya.

Baca Juga: Telkomsel Dukung Program Bantuan Kuota Data Internet dari Kemendikbud


Sumber : https://www.riau24.com/berita/baca/1601203832-saat-resesi-3-hal-ini-yang-tak-boleh-dilakukan-para-investor-saham
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...