PSMTI Bekali Pengusaha Riau Strategi Bisnis di Era Digital


PEKANBARU (CAKAPLAH) – Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Provinsi Riau menggelar kegiatan seminar dengan tema “Siapkah Bisnis Anda Menghadapi Persaingan di Era Digital?” di FOX Hotel Pekanbaru, Sabtu (15/2/2020). Acara ini dibawah bidang Usaha dan Ekonomi Kreatif PSMTI Pusat.

Kegiatan yang digelar untuk pebisnis ini menggandeng sebuah pusat pelatihan bisnis terbaik di Indonesia yang membantu para pemilik bisnis dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis mereka yaitu Global Leadership Center (GLC).

Ada dua narasumber yang dihadirkan pada kegiatan ini yaitu Roby Tjiptadjaya selaku Founder, CEO & Executive Coach Global Leadership Center (GLC) dan juga Iwan B Tampubolon, seorang Business Coach terferivikasi dari GLC.

Keduanya memberikan motivasi kepada peserta terkait bagaimana menyiapkan bisnis untuk naik kelas di era digital dan strategi meningkatkan keuntungan 5 kali lipat.

Ketua PSMTI Riau Stephen Sanjaya kepada CAKAPLAH.COM mengatakan ada sekitar 120 peserta yang mengikuti acara ini. Mulai dari mahasiswa, pengusaha dan juga profesional.

“Seminar ini adalah bentuk komitmen PSMTI dalam membantu pengusaha di Riau dalam menyiapkan diri menghadapi tantangan bisnis era digital. Melalui seminar ini harapannya banyak pengusaha yang berinovasi mengikuti perkembangan zaman,” ujar Stephen, Sabtu (15/2/2020).

Ia menjelaskan saat ini kemajuan teknologi tidak bisa dihindari. “Untuk itu, kita yang harus beradaptasi, bukan teknologinya yang beradaptasi dengan kita. Makanya sekarang industri-industri terus berkurang, hanya tinggal 30 persenan saja. Seperti contohnya yang jualan tiket, itukan sudah online semua. Industri-industri yang masih pakai cara manual tentu tertinggal,” Cakapnya.

Terlebih saat ini Pemerintah juga sudah menerapkan era teknologi 4.0, era industri digital.

“Era industri digital ini ada baiknya dan ada tidak baiknya. Buruknya adalah karena sudah serba digital, robotik, ini akan bisa mengurangi tenaga kerja. Namun baiknya, era industri digital ini juga bisa menciptakan peluang. Seperti kita lihat mahasiswa sekarang sudah punya usaha sendiri dan berbagai peluang lainnya. Jadi memang kalau kita tidak beradaptasi, kita yang akan kehilangan,” jelasnya.

Dedi Rochimat selaku Wakil Ketua Umum PSMTI Pusat Bidang Usaha dan Ekonomi Kreatif menambahkan Riau menjadi daerah keempat digelarnya Seminar Siapkah Bisnis Anda Menghadapi Persaingan di Era Digital?. Sebelumnya kegiatan serupa sudah digelar di Lampung, Sulawesi Utara dan juga Bali.

“Kita harapkan dengan kegiatan ini semua pengusaha bisa mendapatkan ilmunya dan menerapkan di usaha mereka kemudian usaha mereka semakin berkembang. Dan bukan hanya terfokus pada keturunan Tionghoa, tapi untuk semua masyarakat. Kita ingin membantu pemerintah untuk bagaimana menaikkan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Waketum PSMTI Pusat Wilayah Sumatera sekaligus Ketua Dewan Pembina PSMTI Riau Peng Suyoto menyampaikan, secara keseluruhan PSMTI mempunya misi mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satu caranya adalah dengan menggelar kegiatan seperti ini.

“Harapan kita dengan adanya seminar ini bisa mendukung ekonomi Riau umumnya dan khususnya Pekanbaru. Kita ingin di saat negara membutuhkan perputaran dan pertumbuhan ekonomi kita dari segi paguyuban harus mendukung. Dan salah satunya adalah dengan ini,” tukasnya.

Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com


Sumber : https://www.cakaplah.com/berita/baca/2020/02/15/psmti-bekali-pengusaha-riau-strategi-bisnis-di-era-digital/

Ekstrak Uncaria - Herbal Dari Ekstrak Daun Gambir Pilihan

Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...