Program KKN UNRI Bantu Cegah Penyebaran Covid-19 di Kota Dumai


DATARIAU.COM – Universitas Riau (UNRI) menggagas Kegiatan Kerja Nyata (KKN) Coronavirus disease (Covid-19) dengan menerjunkan mahasiswa di kampung halaman selama masa pandemi virus Corona.

“Tim Kukerta Mahasiswa Universitas Riau yang berdomisili di Kota Dumai khususnya kecamatan Dumai timur provinsi Riau, tetap Melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata walaupun di tengah pandemi covid-19 pada saat ini.

 

Adapun tujuan diadakan KKN covid-19 adalah sebagai sarana edukasi kesehatan serta bakti sosial kepada masyarakat saat pandemi corona yang akan dikordinasikan oleh gugus tugas yang ada. 

“KKN ini dilaksanakan selama 2 minggu ke depan,” ujar Ketua Kelompok KKN Mahasiswa UNRI Rizky Mardianto di kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai.

 

Adapun beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam Kuliah Kerja Nyata ini, meliputi seperti pada hari pertama dilakukan sosialisasi atau imbauan  kepada masyarakat Kota Dumai khususnya kecamatan Dumai Timur untuk selalu mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah seperti selalu memakai masker apabila hendak bepergian, selalu mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir, selalu hindari keramaian atau kerumunan serta selalu jaga jarak.

Kegiatan ini dilakukan disekitar daerah kecamatan Dumai Timur yang meliputi seperti pasar-pasar tradisional dan pusat peberlajaan lainnya. 

Dan tidak hanya itu saja dalam kegiatan sosialisasi ini kami dari KKN Mahasiswa Universitas Riau juga turut serta dalam pembagian masker kepada masyarakat yang belum memakai masker dan pembagian brosur mengenai protokol kesehatan kepada masyarakat.

 

Adapun kegiatan selanjutnya adalah pembagian sembako yang dimana dalam pembagian sembako ini kami dari KKN Mahasiswa Universitas Riau bekerjasama dengan instansi pemerintah terkait dalam pembagian sembako ini, yang dimana dapat Anda ketahui pembagian sembako ini dilakukan pada bulan suci ramadhan yang dimana dimasa pademi seperti saat ini, ekonomi masyarakat sedang sulit, sehingga kami berinisiatif untuk bekerjasama dengan pihak terkait untuk membantu warga-warga yang membutuhkan. 

Kegiatan pada hari selanjutnya Tim KKN kecamatan Dumai Timur mengadakan  pembuatan APD (alat pelindung diri) dengan memanfaatkan barang-barang yang ada disekitar kita meliputi dari gabus sofa, dan plastik Mika, dengan tangan yang terampil dan kreatif dari Mahasiswa Universitas Riau, mereka mengubah bahan-bahan tersebut menjadi fleslip yang tentunya keren dan gaya pada saat kita memakainya, selain itu juga kami membuat pembatas dari kayu dan plastik yang selanjutnya kami pasang di meja pendaftaran yang ada di Kantor Camat Dumai Timur, dan tidak hanya itu saja berkat ide-ide yang kreatif dan cemerlang dari Mahasiswa Riau, kami membuat hand sanitizer sendiri dengan menggunakan bahan cuka putih dan sedikit lidah buaya, yang dimana bahan tersebut tentunya mudah didapatkan dan harganya tidak begitu mahal.

Pembuatan APD ini kami distribusikan ke instansi pemerintah khususnya pelayanan masyarakat seperti Kantor Lurah dan Kantor Camat, agar pegawai tidak perlu cemas atau khawatir terkena covid-19 dalam melayani masyarakat. 

Kami berharap selama KKN ini dapat mendukung pemerintahan dalam upaya mencegah covid-19 yang ada di Indonesia khususnya Kota Dumai dengan memberikan informasi dan imbauan kepada masyarakat agar pentingnya menjaga diri dari virus covid-19, kalau tidak kita yang sadar siapa lagi??(rls)

Editor: Ruslan Efendi

Sumber: datariau.com

Ingin kirim berita? Silahkan hubungi redaksi melalui WhatsApp +62812-7688-7672 atau email [email protected]

Sumber: https://datariau.com/pendidikan/Program-KKN-UNRI-Bantu-Cegah-Penyebaran-Covid-19-di-Kota-Dumai- قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...