Presiden Minta Polri Utamakan Keselamatan Rakyat Dalam Penindakan Hukum


JAKARTA (CAKAPLAH) – Presiden Joko Widodo meminta Polri mengutamakan keselamatan rakyat dalam melakukan penindakan hukum dengan mengutamakan tindakan persuasif dan humanis.

Demikian disampaikan Jokowi saat menjadi Inspektur Upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-74 dengan tema “Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif” di Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/07/2020).

“Perlu saya tegaskan keselamatan rakyat adalah yang utama, keselamatan rakyat hak tertinggi, lakukan secara persuasif dan humanis,” kata Jokowi.

Dalam penindakan hukum dengan mengutamakan keselamatan rakyat, Presiden Jokowi tetap meminta Polri untuk bersikap tegas dan menjaga profesionalitas sebagai penegak hukum yang mengutamakan keselamatan rakyat.

“Tetap waspada cepat tanggap dan tegas dalam menangani pelanggaran hukum dengan menjaga profesional dan menjaga kepercayaan rakyat,” katanya.

Di kesempatan yang sama, Jokowi meminta Polri ikut serta secara aktif upaya-upaya penanggulangan virus corona (Covid-19) serta dampaknya yang dilakukan pemerintah.

Jajaran kepolisian dari tingkat Mabes Polri hingga Polsek mesti turut memberikan bimbingan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan. Serta mengawasi penggunaan anggaran penanggulangan Covid-19.

Upacara Hari Bhayangkara ke-74 sendiri dilaksanakan secara virtual yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi selaku inspektur upacara, di Istana Negara, Jakarta, serta ditayangkan secara langsung atau live streaming dari Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan.

Selain upacara, HUT Polri ke-74 juga diagendakan melakukan bakti sosial, ziarah dan tabur bunga, serta pengiriman buket bunga kepada purnawirawan Kapolri atau warakawuri Polri.

Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com


Sumber : https://www.cakaplah.com/berita/baca/55749/2020/07/01/presiden-minta-polri-utamakan-keselamatan-rakyat-dalam-penindakan-hukum/
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...