Plh Bupati Bengkalis Ikuti Siaran Langsung Peringatan Hari Lahir Pancasila



BENGKALIS,  – Plh. Bupati Bengkalis H Bustami HY mengikuti Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020 dan pidato Kenegaraan oleh Presiden RepubIik Indonesia (RI) Ir. H. Joko Widodo yang disiarkan secara langsung, bertempat di Ruang Rapat Hang Jebat Kantor Bupati Bengkalis, Senin (01/06/2020).

Penyelenggaraan peringatan Hari Lahir Pancasila di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis dilaksanakan dengan mengacu Keppres Nomor 11 Tahun 2020 terkait tanggap darurat kesehatan dan Keppres Nomor 12 Tahun 2020 terkait bencana nasional nonalam Covid-19. Hal tersebut guna mengantisipasi perkembangan eskalasi penyebaran Covid-19 dan untuk mewujudkan ketertiban peringatan Hari Lahir Pancasila selama masa darurat Covid-19.

Pidato Kenegaraan Presiden RI ini menyampaikan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19 yang menguji daya juang kita sebagai bangsa, menguji pengorbanan kita, menguji kedisiplinan kita, menguji kepatuhan kita, menguji ketenangan dalam mengambil langkah kebijakan yang tepat dan cepat.

Maka dari itu, nilai-nilai luhur Pancasila harus dihadirkan secara nyata di dalam kehidupan kita, karena Pancasila harus terus jadi nilai yang hidup bekerja dalam kehidupan kita, nilai yang bekerja dalam kebijakan dan keputusan pemerintah, nilai yang hidup terus bergelora dalam semangat rakyat Indonesia.

“Tidak henti-hentinya saya mengajak penyelenggaraan negara pusat sampai ke daerah untuk terus meneguhkan kepedulian kita kepada masyarakat yang sedang mengalami kesulitan. Sehingga dalam melayani masyarakat tanpa membeda-bedakan kelompok, ras dan agama serta untuk memenuhi kewajiban kita melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia”, kata Presiden Joko Widodo.

Kemudian lanjutnya, mari kita bersama-sama untuk memperkokoh tali persaudaraan kita, saling bantu, saling menolong dan saling bergotong royong dalam setiap tantangan yang menghadang, karena kelemahan dan kekurangan tidak menghalangi kita untuk maju, dengan selalu kita perbaiki dan dapat dijadikan momentum memicu lompatan kemajuan agar kita menjadi bangsa yang kuat dan mandiri.

“Untuk itu, kita harus mampu meciptakan peluang di tengah kesulitan, kita harus menjawab itu semua dengan inovasi dan karya nyata, dan kita berkreasi, berinovasi dan berprestasi di tengah pandemi Covid-19 ini, dengan membuktikan ketangguhan kita, mari kita menangkan masa depan kita, kita wujudkan cita-cita luhur para pendiri bangsa, dengan menunjukkan kita bangsa yang kuat, bukan hanya mampu menghadapi tantangan tetapi bangsa yang memanfaatkan kesulitan menjadi sebuah lompatan kemajuan”, tutupnya.

Menanggapi hal tersebut, Plh. Bupati Bengkalis H Bustami mengatakan melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2020, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber insipirasi dan harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Apalagi dimasa pandemi Covid-19 ini, memperingati dan memeriahkan peringatan dapat dilakukan secara kreatif, menjaga dan membangkitkan kecintaan terhadap aktualisasi nilai-nilai Pancasila pada masa darurat Covid-19. Disamping itu, mari kita bersama-sama mendorong partisipasi publik dalam mematuhi protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran Covid-19,” pungkasnya.

Ikut mendampingi Plh. Bupati Bengkalis dalam siaran langsung peringatan hari lahir pancasila ini Kasdim 0303/Bengkalis Mayor inf Dedyk Wahyu Widodo, Kepala Kejari Bengkalis Nanik Kushartanti, Wakil Kepala (Waka) Kepolisian Resor (Polres) Bengkalis Kompol Roni Syahendra,  Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Kompol Irnanda Oktora, Asisten Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Hj. Umi Kalsum, Asisten Perekonomian dan Pembangunan H. Heri Indra Putra, Asisten Administrasi Umum Tengku Zainuddin, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Haholongan, Kadis Kominfotik Johansyah Syafri, dan Kaban Kesbangpol Hermanto Baran. (PRO/RUL).


Sumber: https://riauone.com/riau/Plh-Bupati-Bengkalis-Ikuti-Siaran-Langsung-Peringatan-Hari-Lahir-Pancasila
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...