Pilkada 2020, Masa Jabatan Kepala Daerah Masih Sampai 2021



Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 mendatang. Di Provinsi Riau sendiri terdapat 9 Kabupaten/ Kota yang bakal menggelar Pilkada. Dari 9 daerah tersebut belum ada satupun masa jabatan Kepala Daerah yang berakhir pada tahun 2020.

Lantaran belum adanya yang berakhir masa jabatan Kepala Daerah itu, Pemerintah Provinsi Riau, tidak ada yang mengajukan Penjabat (Pj) Kepala Daerah yang menggelar Pilkada. Kecuali bagi Kepala Daerah yang tersangkut hukum maupun yang mengundurkan diri.

Sudarman selaku Kepala Biro Administrasi dan Tata Pemerintahan mengatakan, Kepala Daerah dari 9 Kabupaten/ Kota yang menggelar Pilkada, masa jabatannya akan berakhir pada tahun 2021 mendatang. Dengan begitu, Kepala Daerah yang masih menjabat, masih akan memimpin daerah masing – masing hingga berakhirnya masa jabatan.

“Kalau dalam AMJ nya sembilan kepala daerah menggelar Pilkada AMJ nya tahun 2021, jadi tidak ada yang akan mengisi ataupun menggantikan Kepala Daerah, selama masa Pilkada yang akan digelar pada bulan Desember, maupun selama masa kampanye” katanya.

Ia juga menambahkan, bagi Kepala Daerah yang maju kembali sebagai Calon Kepala Daerah, sesuai dengan aturan tidak ada yang mengundurkan diri. Kepala Daerah, hanya mengajukan cuti selama masa kampanye pada saat Pilkada, sehingga banyak dari Kepala Daerah yang bakal maju, nantinya hanya mengajukan cuti.

“Kepala daerah kan tidak wajib mundur, cukup cuti saja. Nah selama cuti biasanya ditunjuk Plh (pelaksana harian), kalau Bupati ataupun wakilnya maju biasanya Sekda yang akan menjalankan roda organisasi di daerah. Kecuali kalau dia Aparatur Sipil Negara (ASN), baru diwajibkan mundur, termasuk anggota DPRD yang mau maju Pilkada juga mundur” jelas Sudarman.

Sejau ini belum ada Kepala Daerah yang mengajukan cuti kampanye atau Pilkada. Termasuk ASN yang akan maju Pilkada, karena memang tahapannya masih panjang dan belum masuk masa pendaftaran, atau penetapan KPU.

“Kalu sudah ditetapkan KPU, baru ada nampak siapa yang mengundurkan diri dan yang cuti Pilkada” tutup Sudarman.

Informasi tambahan, adapun ke 9 daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak 2020 itu yakni, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Siak, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Pelalawan, dan Kota Dumai.

Sumber : https://wajahriau.com/pilkada-2020-masa-jabatan-kepala-daerah-masih-sampai-2021/
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...