Penyelenggaraan Pilkada Harus Patuhi Protokol Covid-19



MERANTI, riauone.com –  Penyelenggaraan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada tahun ini agak berbeda dari sebelumnya. Semua pihak terkait harus tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) ditengah pandemi Covid-19.

Hampir semua tahapan Pilkada, mulai sosialisasi dikalangan penyelenggara, pleno penetapan calon, pengundian nomor urut dan deklarasi damai, hingga kampanye sudah diatur terkait penerapan prokes. Seperti halnya di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

“Pelaksanaan pilkada tahun ini memang beda dari sebelumnya. Tahun ini hampir semua proses dan tahapan harus mematuhi protokol Covid-19. Sudah ada aturannya dari pusat,” ungkap Ketua KPU Kepulauan Meranti, Riau, Abu Hamid, baru-baru ini.

Kata Abu Hamid, bersama pihak terkait, mereka sudah berkoordinasi untuk menyamakan persepsi terhadap aturan dalam pesta demokrasi tahun ini.

Sementara itu, Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIk, menyampaikan bahwa pihaknya bersinergi bersama penyelenggara dan pengawas jalannya Pilkada. Hal itu menyangkut keamanan dan ketertiban, terlebih lagi soal aturan dimasa pandemi ini.

“Jadi, kita semua harus mematuhi protokol kesehatan dalam helat Pilkada. Agar Pilkada berlangsung aman dan masyarakat kita sehat. Ini sesuai dengan aturan pemerintah. Dan, kita membahasnya bersama para penyelenggara,” tegasnya.

Terkait dengan tahapan kampanye masing-masing pasangan calon (Paslon), Eko mengatakan bahwa pesertanya dibatasi. Baik dari rombongan Paslon maupun masyarakat yang mengikuti kampanye itu sendiri.

Dimana, maksimal peserta kampanye yang dilaksanakan oleh paslon sebanyak 50 orang dalam sekali pertemuan. Sesuai protokol kesehatan, peserta harus memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. (uzi)


Sumber: https://riauone.com/riau/Penyelenggaraan-Pilkada-Harus-Patuhi-Protokol-Covid-19
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...