Pengabdian Kukerta Pedagogik UNRI Desa Lumbok Mengadakan Acara Mushim Fest Sambut Idul Adha


DATARIAU.COM – Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 H yang bertepatan pada hari Jumat (31 Juli 2020), mahasiswa tim Kukerta Pedagogik Desa Lumbok bersama pengurus Surau Simpang Desa Lumbok bekerjasama mengadakan acara perlombaan, yakni Mushim Fest. 

Mushim Fest merupakan singkatan dari mushola simpang festival yang mana ditujukan untuk peserta mulai dari anak-anak sampai remaja desa Lumbok, Kecamatan Kuantan Hilir Seberang, Kabupaten Kuantan Singingi. 

Jenis perlombaan yang diadakan dalam Mushim Fest ini antara lain lomba adzan untuk putra tingkat anak-anak dan remaja, lomba Al-Fatihah untuk putra putri tingkat anak-anak, lomba sholat subuh untuk putri tingkat anak-anak dan remaja, dan lomba juz amma untuk putra putri tingkat anak-anak dan remaja. Kegiatan perlombaan seperti ini rutin diadakan setiap tahun dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha.

Mushim Fest diadakan mulai tanggal 28-30 Juli 2020 bertempat di Surau Simpang Desa Lumbok. Hari pertama diadakan pembukaan pada pukul 16.30 wib dengan Ade Suci Ramadhani sebagai MC yang merupakan salah satu anggota tim Kukerta. Diawali dengan tilawah dan doa, kemudian sambutan dari ketua pelaksana, ketua Surau Simpang, ketua LPM, dan terakhir sambutan kepala desa Lumbok sekaligus membuka acara Mushim Fest secara resmi. Acara pembukaan ini juga dihadiri oleh perangkat desa, ninik mamak, masyarakat, dan anak-anak Desa Lumbok.

Setelah sholat maghrib dilanjutkan dengan perlombaan-perlombaan. Setiap peserta tampak antusias menunggu panggilan untuk tampil ke depan. Perlombaan kembali dilanjutkan setelah sholat isya sampai pukul 20.30 wib.

Pada hari kedua, acara perlombaan dilanjutkan kembali. Perlombaan yang ditampilkan adalah Adzan, Al-Fatihah, Juz amma’ dan Sholat. Terlihat beberapa perserta lomba ada yang antusias, gugup dan percaya diri saat nomor undiannya terpanggil. Semua lomba yang diadakan selesai pada hari kedua ini.

Setelah semua lomba selesai diadakan, keesokkan harinya, Kamis 30 Juli 2020 diadakannya penutupan Mushim Fest. Penutupan diadakan ba’da isya di mushala Simpang Desa Lumbok dengan Ainun Nisa sebagai MC. Penutupan diawali dengan tilawah dan doa, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Desa Bapak Kasri Wardana sekaligus menutup Mushim Fest secara resmi.

“Kami sangat berterimakasih kepada mahasiswa KKN yang telah bersemangat dalam mengadakan lomba ini, semua ini menjadi awal untuk anak-anak Desa Lumbok lebih semangat dalam belajar mengaji,” tutur Pak Kasri. 

Penutupan juga dihadiri ole perangkat desa, niniak mamak, masyarakat Desa Lumbok serta peserta Mushim Fest. 

Usai ditutup secara resmi, kegiatan dilanjutkan dengan pengumuman pemenng serta pembagian hadiah. Setiap kategori diperoleh juara satu hingga juara lima. Setelah pemenang semua kategori diumumkan kegiatan diakhiri dengan takbir bersama masyarakat desa Lumbok di Mushala Simpang Desa Lumbok.(rls)

Editor: Redaksi

Sumber: datariau.com


Sumber: https://datariau.com/pendidikan/Pengabdian-Kukerta-Pedagogik-UNRI-Desa-Lumbok-Mengadakan-Acara-Mushim-Fest-Sambut-Idul-Adha قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...