займ на карту онлайн

Peduli Lingkungan, Sekelompok Anak Muda Lakukan Aksi Bersih-bersih Candi


Suara.com – Generasi muda adalah penggerak utama dalam masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan lestari. Hal inilah yang membuat Bakti Lingkungan Djarum Foundation melalui program “Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling)” meluncurkan kegiatan “Candi Darling From Home”.

Program Associate Bakti Lingkungan Djarum Foundation, Tania Anggriani Arbi menuturkan, kegiatan ini bertujuan mendorong generasi muda agar terus aktif melestarikan lingkungan dengan cara-cara yang kreatif.

Seperti namanya, generasi muda dapat menyumbang satu bibit pohon secara daring, dengan hanya menguggah kegiatan bertema peduli lingkungan di akun media sosialnya dan memberikan tagar #CandiDarlingFromHome serta menuliskan tag akun resmi @siapdarling. 

Aksi Bertajuk Candi Darling From Home (Dok. Djarum Foundation)

“Setiap satu postingan akan dihitung sebagai donasi satu bibit pohon yang akan ditanam di kawasan Candi Sambisari, Candi Banyunibo dan Candi Barong.”

Baca Juga: Ramon Y Tungka Ajak Masyarakat Tanam Pohon di Candi dari Rumah

“Selain itu, aksi dan wujud cinta lingkungan juga dapat dilakukan dengan kegiatan lari dan bersepeda yang akan dikonversi menjadi satu buah bibit pohon,” jelas Tania saat konferensi pers berlangsung pada Rabu (7/4/2021).

Candi Darling From Home menargetkan partisipasi generasi muda dapat menghimpun tak kurang dari 10 ribu pohon dan tanaman yang nantinya akan ditanam di Candi Sambisari, Candi Banyunibo dan Candi Barong. 

Seluruh bibit pohon dan tanaman berasal dari Pusat Pembibitan Tanaman (PPT) Djarum Foundation yang terletak di Kudus, Jawa Tengah. Jenis yang akan ditanam juga menyesuaikan karakteristik dan lingkungan tempat candi tersebut berada.

Communication Director Djarum Foundation, Mutiara Asmara, menambahkan, Candi Darling From Home merupakan sebuah kegiaya guna menantang generasi milenial agar lebih terlibat dalam pelestarian warisan sejarah berupa candi yang merupakan peninggalan berharga leluhur bangsa ini. 

Gerakan ini, lanjut dia, merupakan kelanjutan dari program Candi Darling yang telah menghijaukan dan mempercantik beberapa candi di Indonesia diantaranya Candi Prambanan, Situs Ratu Boko, Candi Ijo dan Candi Gedong Songo.

Baca Juga: Mei, Terbuka Kemungkinan Sleman Pakai Vaksin Astrazeneca

“Candi Darling From Home akan memfasilitasi anak-anak muda untuk melestarikan candi dengan cara yang dekat dengan keseharian mereka dan cukup dari rumah saja. Program ini akan dilaksanakan hingga tahun 2025 dan diharapkan dapat mencakup penghijauan seluruh candi-candi di Indonesia,” tutup Mutiara.


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2021/04/08/180812/peduli-lingkungan-sekelompok-anak-muda-lakukan-aksi-bersih-bersih-candi
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...