займ на карту онлайн

Para Pesepakbola Papan Atas Bersatu Menggalang Dana Untuk Warga Palestina


RIAU24.COM – Saat pemboman Israel berlanjut di Gaza, bintang olahraga dari Inggris hingga Chili mengibarkan bendera Palestina dan memposting pesan dukungan.

Beberapa pesepakbola elit secara terbuka mengisyaratkan solidaritas mereka dengan Palestina, karena jumlah korban tewas akibat serangan udara Israel meningkat di Gaza.

Baca Juga: Tebak-Tebakan Setelah Marc Marquez Pensiun dari Repsol Honda, Siapa Penggantinya?

Setidaknya 198 orang di Gaza, termasuk 58 anak-anak, telah tewas sejak kekerasan meletus seminggu yang lalu, menurut kementerian kesehatan daerah kantong pesisir itu.

Sepuluh orang, termasuk dua anak, telah tewas di Israel di tengah tembakan roket dari kelompok Hamas yang berkuasa di Gaza.

Khawatir dengan pertumpahan darah, para pemain sepak bola di Inggris, Turki, Chili, dan tempat lain telah menjanjikan dukungan untuk rakyat Palestina.

Dalam demonstrasi terkenal, bintang Leicester City Hamza Choudhury dan Wesley Fofana mengibarkan bendera Palestina saat mereka merayakan kemenangan tim mereka di final Piala FA Inggris pada hari Sabtu, di Stadion Wembley London, atas Chelsea.

Gambar momen itu dibagikan secara luas di media sosial, dengan banyak pujian yang memuji kedua pemain, yang masing-masing berasal dari Inggris dan Prancis.

Husam Zomlot, duta besar Palestina untuk Inggris, mengatakan tindakan itu “tepat waktu dan dihargai”.

“Membawa bendera Palestina di atas panggung salah satu kompetisi piala paling agung sepak bola adalah pertunjukan dukungan yang bergema di seluruh Palestina,” kata Zomlot dalam sebuah surat yang ditujukan kepada pasangan tersebut, yang dibagikan dalam sebuah pos di Twitter.

‘Berdoa untuk Palestina’

Pesepakbola lain yang berbasis di Inggris, termasuk pemain sayap Aljazair dari Manchester City Riyad Mahrez, gelandang Prancis Manchester United Paul Pogba, dan penyerang Liverpool asal Mesir, Mohamed Salah, juga mempertimbangkan konflik tersebut.

Mahrez memposting gambar bendera Palestina di sebuah posting Twitter pada 10 Mei, bersama dengan tagar “#Palestine” dan “#SaveSheikhJarrah” – lingkungan di Yerusalem Timur yang diduduki Israel di mana beberapa keluarga Palestina menghadapi pengusiran paksa dari rumah mereka ke memberi jalan bagi pemukim Yahudi.

Baca Juga: Kisah Pemain Bola Liga Inggris Yang Tetap Puasa Saat Bertanding; Allah Membantu Kami

Pogba meminta para pengikutnya untuk “berdoa untuk Palestina” dalam sebuah posting Instagram, sementara Salah men-tweet pada 11 Mei bahwa ia menyerukan kepada para pemimpin dunia, termasuk Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, untuk “melakukan segala daya mereka untuk memastikan kekerasan dan pembunuhan orang yang tidak bersalah segera berhenti ”.

Rekan satu tim Salah di Liverpool, penyerang Mali Sadio Mane, dan sesama bintang Mesir, Mohamed Elneny, juga menggunakan media sosial untuk mengungkapkan solidaritas dengan warga Palestina.

Elneny, yang bermain untuk klub Inggris Arsenal, pada 10 Mei men-tweet foto Masjid Al-Aqsa Yerusalem, situs tersuci ketiga dalam Islam, disertai dengan keterangan: “Hati dan jiwaku dan dukunganku untuk kamu Palestina.”

Dalam sebuah postingan di Instagram, Mane juga membagikan foto Masjid Al-Aqsa dengan tagar “Bebaskan Palestina”.

Eric Cantona, aktor dan mantan pemain Manchester United, memposting gambar dirinya mengenakan kaus bertuliskan “Berharap untuk Palestina”, saat ia meminta 922.000 pengikutnya untuk menyumbang ke dana darurat dari Hoping Foundation.

Demonstrasi di Chili, Qatar, Turki

Olahraga ini juga menyaksikan demonstrasi solidaritas yang lebih besar dengan warga Palestina.

Di Chili, pemain dari Club Deportivo Palestino, sebuah tim yang didirikan pada 1920 oleh imigran Palestina, mengenakan keffiyeh beberapa menit sebelum kick-off.

Demonstrasi serupa terjadi di Kuwait dan Qatar, sementara di Turki, pemain dari klub yang berbasis di Istanbul Fenerbahce melakukan pemanasan untuk pertandingan baru-baru ini dengan mengenakan kaus bertuliskan “Bebaskan Palestina”.

Bintang Jerman Mesut Ozil, yang sebelumnya berbicara tentang dugaan penganiayaan China terhadap populasi minoritas Uighur, termasuk di antara mereka yang berpartisipasi di Istanbul.

Ozil kemudian men-tweet foto seorang bocah lelaki yang mengenakan kemeja dengan namanya tercetak di bagian belakang, memberikan kartu merah kepada seorang tentara berkebangsaan tak dikenal.



Sumber : https://www.riau24.com/berita/baca/1621271535-para-pesepakbola-papan-atas-bersatu-menggalang-dana-untuk-warga-palestina
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...