Home / Daerah Barometer / Panitia Perkenalkan Madu Sialang pada Pembukaan Kejurnas Panjat Tebing di Inhu

Panitia Perkenalkan Madu Sialang pada Pembukaan Kejurnas Panjat Tebing di Inhu



RIAUMANDIRI.CO, RENGAT – Pelaksanaan pembukaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panjat Tebing kelompok umur ke 13 di Kabupaten Indragiri Hulu pada Sabtu (22/9/2018) meriah dengan pertunjukan tradisional. 

Tamu kehormatan yang hadir mulai dari Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Feri Ardianto, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau Emrizal Pakis, Pengurus Provinsi (Pengprov) FPTI Riau Ade Agus Hartanto.

Para tamu disuguhkan madu sialang, yang merupakan madu asli dari Indragiri Hulu yang terbilang langka, seiring berkurangnya pohon sialang yang merupakan sumber madu tersebut.  

Pembukaan diawali dengan defile kontingen 26 provinsi yang mengikuti Kejurnas Panjat Tebing kelompok umur ke 13 di Indragiri Hulu. Total atlet yang terdaftar mengikuti pertandingan sebanyak 235 atlet yang terdiri dari 150 atlet putra dan 85 atlet putri. 

Sementara itu, total medali yang akan diperebutkan sebanyak 90 medali yang terdiri dari 30 medali emas, 30 medali perak, dan 30 medali perunggu. Para tamu juga disuguhkan sirih sebagai adat tradisional Melayu Riau saat penyambutan tamu-tamu istimewa. 

Tidak hanya itu, pada acara pembukaan itu juga ditampilkan tari kreasi Rentak Bulian yang merupakan tarian tradisional Suku Talang Mamak. Sebelumnya, ditampilkan pemuda teatrikal pemuda Suku Talang Mamak yang hendak mengambil madu Sialang. 

Aksi pengambilan madu tersebut sempat menegangkan ketika pemuda tersebut terjatuh. Namun ujungnya, madu berhasil diambil dan disuguhkan kepada para tamu. Konsep pembukaan acara tersebut memang mengangkat tema untuk mempromosikan kebudayaan asli Kabupaten Inhu. 

Kemeriahan acara pembukaan dan penyambutan yang digelar oleh panitia membuat kagum PP FPTI. Wakil Ketua Umum PP FPTI, Feri Ardianto menyampaikan apresiasinya. 

"Dua tahun lalu melalui Rakernas FPTI di Ambon, Riau dipilih sebagai tuan rumah Kejurnas kelompok umur. Saya mengatakan bahwa pelaksanaan Kejurnas kelompok umur ini sempurna," katanya diikuti riuh tepuk tangan para hadirin. 

Wakil Bupati Inhu Khairizal yang hadir mewakili Pemkab Inhu menyampaikan harapannya. Dia berharap Pemkab Inhu bisa menjadi tuan rumah yang baik bagi para utusan 26 provinsi yang hadir. 

"Semoga kami dapat menjadi tuan rumah yang baik dalam menerima, menyambut, dan melayani tamu-tamu kami dari luar daerah. Ini merupakan suatu kegiatan yang sangat besar bagi kami," ujarnya. 

Khairizal juga menyampaikan bahwa olahraga panjat tebing ini merupakan olahraga yang baru bagi masyarakat Inhu. Namun dirinya mengapresiasi prestasi para atlet panjat tebing pada pelaksanaan Asian Games beberapa waktu lalu. 

"Prestasi atlet panjat tebing yang meraih medali emas dan perak, serta perunggu pada Asian Games beberapa waktu lalu itu bisa menjadi promosi yang baik bagi olahraga panjat tebing," ujarnya. 

Pembukaan Kejurnas Panjat Tebing U 13 dilakukan langsung oleh Pengprov FPTI Riau, Ade Bagus Hartanto. Semula kejurnas itu direncanakan dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Iman Nahrawi melalui video conference. Namun dikarenakan kesalahan teknis, rencana itu batal. Meski begitu, pembukaan tetap berlangsung meriah dengan warna-warni kembang api dan berbagai pertunjukan tradisional.

 

Reporter: Eka Buana Putra




Sumber : https://www.riaumandiri.co/read/detail/63401/panitia-perkenalkan-madu-sialang-pada-pembukaan-kejurnas-panjat-tebing-di-inhuقالب وردپرس
JulPrimaMutia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *