Pam Swakarsa akan Dihidupkan, Golkar: Bentuk Pelibatan Masyarakat Ciptakan Ketertiban


Pam Swakarsa akan Dihidupkan, Golkar: Bentuk Pelibatan Masyarakat Ciptakan Ketertiban

JAKARTA (CAKAPLAH) – Partai Golkar menilai Pam Swakarsa yang digaungkan oleh Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo dalam visi misinya menjadi Kapolri, merupakan upaya pelibatan masyarakat dalam menciptakan ketertiban.

“Masalah Pam Swakarsa upaya hal yang melibatkan masyarakat dalam menciptakan keamanan dan ketertiban. Tentunya hal ini dapat kita lihat dulu dengan melakukan sosialisasi dan kajian,” kata Ketua DPP Partai Gokar, Andi Rio Kepada wartawan, Kamis (21/1/2021).

Andi Rio kemudian bicara soal cita-cita personel kepolisian yang tak memegang senjata. Menurut Andi Rio, personel kepolisian di lapangan harus tetap dibekali senjata.

“Polisi tanpa senjata, ya kan memang ada polisi yang bertugas di dalam tanpa senjata. Namun polisi di lapangan harus tetap diberikan, karena namanya ancaman dan kewaspadaan harus dilakukan. Tentunya pemberian senjata api terhadap aparat sudah melalui prosedur dan mekanisme, seperti tes psikologi. Jadi tidak sembarang aparat dapat memiliki senjata. Jika psikologis terganggu, tentunya tidak akan diberikan,” ujar anggota Komisi III DPR RI ini.

Selain itu, Andi Rio juga bicara visi-misi Komjen Listyo Sigit Prabowo dalam makalah Presisi terkait polisi tak lagi melakukan tilang. Hal itu, kata Andi Rio, harus dibarengi dengan infrastruktur yang memadai di seluruh wilayah.

“Masalah tilang tentunya harus diiringi dengan sarana dan prasarana di setiap wilayah. Belum semua wilayah di Indonesia yang menerapkan CCTV. Tentunya dapat dilakukan secara bertahap dan kita harus optimis hal itu dapat direalisasikan. Semua niat baik pasti kita harus dukung,” imbuhnya.

Diketahui, Kapolri Jenderal Idham Azis pada September 2020 mengeluarkan aturan mengenai Pam Swakarsa. Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo juga memasukkan “peningkatan peran Pam Swakarsa” dalam salah satu program prioritasnya.

Komjen Listyo Sigit menyebut Pam Swakarsa perlu diaktifkan, maka dihidupkan kembali. Pam Swakarsa, kata Komjen Listyo Sigit Prabowo, dihidupkan kembali tersambung dengan teknologi informasi.

“Ke depan, tentunya Pam Swakarsa perlu diperanaktifkan dalam mewujudkan harkamtibmas, jadi kita hidupkan kembali dan tentunya kita integrasikan dengan perkembangan teknologi dan informasi fasilitas-fasilitas yang ada di Polri,” kata Komjen Listyo Sigit Prabowo saat fit and proper test di Komisi III, kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (20/1/2021).***

Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com


Sumber : https://www.cakaplah.com/berita/baca/64081/2021/01/21/pam-swakarsa-akan-dihidupkan-golkar-bentuk-pelibatan-masyarakat-ciptakan-ketertiban/
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...