Musim Kemarau, Warga Pekanbaru Diingatkan Jangan Buang Puntung Rokok Sembarangan


PEKANBARU (CAKAPLAH) – Saat ini sudah memasuki musim kemarau. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru ingatkan masyarakat waspada kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT juga mengingatkan agar masyarakat tidak memicu potensi kebakaran di sekitar lahan tempat tinggal.

Kota Pekanbaru memang minim hutan. Namun, hampir seluruh bagian wilayah merupakan lahan gambut, yang permukaannya mudah terbakar saat kering.

“Maka dari itu, sangat penting agar kita berhati-hati dan waspada,” jelasnya.

Ia menyebut, puntung rokok pun bisa memicu terjadi kebakaran di lahan gambut. “Puntung rokok saja bisa memicu api, karena lahan kita ini sebagian besar ada gambut,” jelasnya.

Walikota juga mengimbau agar warga memastikan saat meninggalkan rumah dalam kondisi aman. Sehingga mencegah terjadinya kebakaran gedung dan lingkungan, yang biasa terjadi di perkotaan.

“Di musim seperti inikan, kita juga mengalami kebakaran-kebakaran di lingkungan, seperti rumah, tempat usaha. Maka itu, kita minta agar masyarakat waspada terhadap perubahan cuaca yang mengarah pada kekeringan dan rawan menyebabkan kebakaran,” paparnya.

Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com


Sumber : https://www.cakaplah.com/berita/baca/65663/2021/02/23/musim-kemarau-warga-pekanbaru-diingatkan-jangan-buang-puntung-rokok-sembarangan/
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...