Mirip Kerusuhan 1998 di Indonesia, Ratusan Orang Menjarah Toko dan Bentrok Dengan Polisi di Chicago


RIAU24.COM – Sebuah adegan kacau meletus di Chicago Senin pagi, dengan ratusan orang memecahkan jendela, menjarah toko dan bahkan melepaskan tembakan ke arah petugas polisi, kata pihak berwenang.

Lebih dari 100 tersangka ditangkap dan sedikitnya 13 polisi terluka, termasuk satu yang dipukul dengan botol dan satu lagi menderita patah hidung selama kekacauan itu, Inspektur Polisi Chicago David Brown mengatakan kepada wartawan pada konferensi pers.

Semuanya dimulai sekitar tengah malam dan berlanjut selama beberapa jam di distrik perbelanjaan Magnificent Mile kota dan bagian lain dari pusat kota Chicago.

Baca Juga: Seorang Pria Ditembak Mati di Brooklyn

Penjarahan tampaknya merupakan upaya terkoordinasi karena beberapa mobil dan bahkan van U-Haul terlihat mengantarkan orang-orang yang kemudian akan masuk ke toko dan berjalan keluar dengan tas penuh barang curian, The Chicago Tribune melaporkan.

Polisi mengatakan ada beberapa unggahan media sosial yang mendorong penjarahan pada hari Minggu menyusul penembakan yang melibatkan polisi pada hari sebelumnya, meskipun pejabat kota dengan cepat memisahkan kekerasan dari protes yang sah.

“Ini bukan protes terorganisir,” kata Brown. “Ini adalah insiden kriminalitas murni. Ini adalah tindakan kekerasan terhadap petugas polisi kami dan kota kami. “

Walikota Lori Lightfoot mengatakan tidak ada alasan untuk apa yang dia gambarkan sebagai “penjarahan kriminal yang kurang ajar dan berkepanjangan”

“Ini benar-benar tindak pidana kejahatan berat,” katanya.

Beberapa penjahat yang mengambil alih pusat kota kota itu bersenjata dan ditembak ke petugas polisi, yang membalas tembakan tetapi tidak dipukul, kata juru bicara polisi Tom Ahern di Twitter.

Baca Juga: Ternyata, Kejagung Langsung Sidik Dugaan Gratifikasi Jaksa yang Pernah Bersama Djoko Tjandra

Dalam satu penembakan, polisi menangkap tersangka penjarahan yang membawa mesin kasir dari sebuah toko ketika seseorang di dalam mobil yang melewati daerah itu menembaki petugas, kata pihak berwenang.

Dalam insiden terpisah, seorang penjaga keamanan dan seorang warga sipil terkena tembakan dan dibawa ke rumah sakit dalam kondisi kritis, kata Brown kepada wartawan. Setidaknya lima senjata api ditemukan dalam semalam, menurut polisi.

Pada satu titik selama kekacauan, seorang wanita tampaknya disemprot merica dan batu dilemparkan ke mobil polisi, Tribune melaporkan. Sebuah video yang dibagikan di media sosial menunjukkan seorang petugas merosot ke sebuah gedung dan dirawat oleh polisi lain.

Gambar lainnya menunjukkan kerusakan yang meluas pada banyak bisnis, termasuk toko Macy, toko Lamborghini, Bank PNC, dan banyak lainnya.



Sumber : http://riau24.com/berita/baca/1597077000-mirip-kerusuhan-1998-di-indonesia-ratusan-orang-menjarah-toko-dan-bentrok-dengan-polisi-di-chicago
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...