Mahasiswa Unri 2019 lalu, Kukerta di Desa Pasir Bongkal Sungai Lala Inhu


INHU, datariau.com – Mahasiswa Universitas Riau (Unri) Desa Pasir Bongkal, Kecamatan Sungai Lala, Kabupaten Indragiri Hulu, melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta). Kukerta mahasiswa Unri berlangsung selama 50 hari, sejak 28 Juni-21 Agustus 2019 lalu. 

Kukerta salah satu bagian dari kegiatan akademi yang bersifat sosial aplikatif, mahasiswa terjun langsung ke lingkungan masyarakat dan menerapkan ilmu yang telah didapatkan dibangku perkuliahan. Sehingga ilmu yang diperoleh dapat dirasakan manfaatnya, baik oleh mahasiswa maupun masyarakat. 

Kukerta merupakan salah satu kegiatan dimana mahasiswa benar benar menjunjung tinggi dan mengabdikan Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Kukerta juga suatu kegiatan yang dirasakan penting, baik bagi mahasiswa maupun bagi masyarakat sekitar.

Bagi mahasiswa, Kukerta merupakan aktivitas belajar yang dilakukan dilintas keilmuan dalam menggali, menghayati dan mencari solusi masalah masalah pembangunan masyarakat di pedesaan. Bagi masyarakat desa, Kukerta diharapkan dapat memberikan semangat baru untuk menggerakkan pembangunan desa. 

Kawasan Pasir Bongkal dan masyarakatnya merupakan basis dari pembangunan suatu daerah, dan selama 50 hari ada sebanyak 20 program kerja yang berhasil dilaksanakan di Desa Pasir Bongkal, bukan hanya untuk desa, targetan program kerja juga mencakup bagi para orangtua dan anak anak.

Sementara bagi desa sendiri, program kerja yang terlaksana secara gotong royong, pembuatan tapal dusun, kotak amal, plank nama kantor kepala desa, sensus penduduk, hingga hiasan pada Hut RI lalu.

Selain itu, tim kukerta juga memiliki target program kerja bagi orangtua seperti senam sehat Puskesmas yang dilaksanakan sebanyak 2 kali. Untuk yang pertama dilakukan senam dan cek kesehatan seperti cek tekanan darah, timbangan dan sebagainya. 

Dan kedua dilakukan senam dan cek kanker serviks, khususnya bagi para perempuan, agar dapat mencegah kanker sejak dini. Sedangkan targetan untuk anak anak dan remaja dilaksanakan program kerja seperti taman sekolah, PBB dan karnaval, turnamen futsal, turnamen volly, bimbingan belajar hingga penyuluhan mengenai bahaya narkoba dan sex bebas.

Kegiatan itupun disambut baik oleh masyarakat sekitar dari semua kalangan usia muda maupun orangtua, dewasa hingga anak anak. “Kegiatan positif ini diharapkan dapat terus berlanjut, atau bahkan dapat dikembangkan bukan hanya bagi mahasiswa kukerta saja, namun juga bagi masyarakat setempat,” imbuh Koordinator Desa Mahasiswa Kukerta 

Agung Priyatna.

Editor: Hermansyah

Ingin kirim berita? Silahkan hubungi redaksi melalui WhatsApp 081339661966 atau email [email protected]

Sumber: https://datariau.com/berita/Mahasiswa-Unri-2019-lalu–Kukerta-di-Desa-Pasir-Bongkal-Sungai-Lala-Inhu قالب وردپرس

Ekstrak Uncaria - Herbal Dari Ekstrak Daun Gambir Pilihan

Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...