Lagi Tren Lelaki Memakai Makeup, Apa Alasannya?


Suara.com – Kini, makeup bukan lagi dominasi perempuan. Kaum lelaki pun sah-sah saja memakai makeup. Mulai dari pelembab kulit wajah, lip balm, hingga eye shadow. Meski bagi sebagian besar lelaki memakai makeup masih dianggap tabu, nyatanya kini semakin banyak yang mengikuti tren ini.

Ya, lelaki memakai makeup kini tak hanya ditemukan di acara karpet merah ataupun drama televisi. Dalam kehidupan sehari-hari pun semakin banyak dijumpai lelaki yang tak keberatan dengan tren ini. Lalu, apa yang membuat tren ini muncul? Simak penjelasannya di bawah ini, seperti dilansir dari Bright Side.

1. Lelaki telah memakai makeup sejak ribuan tahun yang lalu
Ternyata, lelaki memakai makeup bukanlah hal yang baru terjadi belakangan ini. Di masa Mesir kuno, lelaki mengoleskan minyak dan lemak ke kulit mereka untuk melindunginya dari panas gurun dan sinar matahari yang sangat terik. Orang-orang kelas atas di zaman tersebut juga sering merias matanya. Anda mungkin pernah melihat gambar raja-raja Mesir dengan mata yang dirias eyeliner hitam tebal.

Lelaki dari Roma kuno juga diketahui menggunakan riasan karena terpengaruh oleh bangsa Mesir yang menaklukkannya. Namun alih-alih memakai riasan yang cerah, para lelaki Romawi lebih memilih untuk memakai parfum beraroma ringan, menghilangkan bulu di bagian tubuh tertentu, dan terkadang memutihkan wajah mereka.

Baca Juga: Vlogger Tiru Makeup Karakter Ju Kyung di True Beauty, Hasilnya Mirip Banget

Sedangkan pada masa Ratu Elizabeth I, para lelaki membedaki wajah mereka. Kemudian di Jepang pada abad ke-17, aktor pria dari teater Kabuki akan mengenakan riasan yang menarik dengan garis-garis merah dan hitam cerah dengan latar belakang putih tebal yang dibuat dengan bantuan tepung beras. Mendekati zaman modern, Hollywood memperkenalkan tren makeup lelaki ke layar lebar.

Meskipun memakai makeup bukanlah hal baru bagi kaum lelaki, namun kini kebanyakan aktor dan musisi memutuskan memakai riasan untuk membuat penampilan mereka di layar dan di atas panggung lebih menarik dan cerah.

2. Ada lebih banyak produk kecantikan khusus pria yang muncul di pasaran
Meski lelaki telah menggunakan riasan sejak zaman kuno, tetapi hingga saat ini hanya ada sedikit produk kosmetik yang dirancang khusus untuk lelaki.  Namun, banyak hal telah berubah sekarang. Kini, semakin banyak perusahaan yang memproduksi kosmetik pria dan menjual produk kecantikan ini di konter kecantikan di toko mereka.

Beauty blogger lelaki, Jake Jamie. (Instagram/@jakejamie)

Tentu saja, para lelaki ini dapat menggunakan kosmetik umum yang banyak dibeli oleh perempuan, tetapi beberapa di antara mereka mungkin merasa tidak nyaman dengan itu. Nah, dengan semakin luas pilihan produk kecantikan pria, hal ini pun membuat mereka semakin terpacu untuk mencobanya.

Beberapa merek besar sudah memperkenalkan koleksi makeup yang khusus dibuat untuk lelaki. Misalnya The Boy De Chanel keluaran Chanel, yang menawarkan berbagai macam produk kecantikan dan perawatan kulit untuk pria, termasuk pelembap, alas bedak, concealer, pensil mata, lip balm, dan cat kuku untuk menciptakan tampilan yang natural.

Baca Juga: Minta Istri Dandan Tiap Hari, Alasan Pria Ini Bikin Geleng Kepala

3. Ada lebih banyak influencer makeup lelaki
Produk kecantikan khusus pria saja mungkin tidak akan cukup untuk memengaruhi para lelaki melirik makeup. Diperlukan orang yang bisa menginspirasi para lelaki agar tidak takut dengan stereotip dan mencoba sesuatu yang baru.


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2021/01/21/172247/lagi-tren-lelaki-memakai-makeup-apa-alasannya
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...