займ на карту онлайн

Kunjungi BWSS III Pekanbaru, Kasmarni Bahas Tiga Hal Ini


BENGKALIS (CAKAPLAH) – Bupati Kasmarni membahas tiga hal yang menjadi perhatian Pemerintah Bengkalis di sela kunjungan dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera III (BWSS III), di Jalan Pepaya, Pekanbaru, Selasa (4/5/2021).

Tiga hal tersebut diantaranya abrasi, irigasi dan air bersih. Kepala BWSS III Sahril langsung menerima Bupati Bengkalis dengan rombongan.

Bupati Bengkalis mengungkapkan tiga permasalahan yang menjadi fokus Bengkalis di bidang baik abrasi, irigasi dan air bersih. Pemkab Bengkalis kata Kasmarni, siap mendukung kegiatan provinsi dan pusat yang dilaksanakan di wilayah Bengkalis.

Kemudian, dalam pertemuan itu Kepala Daerah Bengkalis membahas progres dan rencana penanganan abrasi di Kabupaten Bengkalis yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR melalui BWSS III termasuk kendala dialami di lapangan.

“Kami berharap penanganan abrasi ini bisa diselesaikan dengan cepat, mengingat jika diatasi oleh Kabupaten Bengkalis melalui APBD tidak akan bisa realisasi sepenuhnya, oleh karena itu kami berharap ada perhatian khusus dari BWSS III ini,” ungkap Kasmarni.

Kepala BWSS III Sahril mengatakan dalam penanganan abrasi di Kabupaten Bengkalis tahun 2021 setidak ada 4 titik yang menjadi fokus pihaknya. Yaitu di Pulau Rupat dan Pulau Bengkalis.

“Rencana penanganan abrasi ini akan dilanjutkan hingga tahun 2024 dan akan diupayakan setiap tahunnya volumenya di tingkatkan. Target dari Kementerian PUPR minimal satu per tiga dari total usulan akan dituntaskan dalam 4 tahun ke depan, artinya ada ratusan milyar yang dipastikan masuk di Kabupaten Bengkalis,” ujarnya.

Dia juga memberikan saran kepada Bupati Bengkalis untuk melakukan silaturahmi dan pertemuan seperti ini, khususnya pada level kementerian.

“Seperti melalui Menko Kemaritiman dan Investasi, dan mungkin komunikasi itu sudah terbangun, dan diharapkan bisa semakin dimaksimalkan. Lalu dengan DPR RI dan lembaga terkait lainnya, agar kita bisa bergerak bersama dalam mengatasi persoalan abrasi ini,” imbuhnya.

Selain penanganan abrasi, BWSS III juga ada kegiatan perencanaan untuk air bersih di Pulau Bengkalis dan Rupat Utara, yang akan terealisasi fisiknya pada tahun 2022.

“Lalu, kita juga ada program tata guna air irigasi untuk pertanian di 13 desa di Kabupaten Bengkalis, yang mana tim dari BWSS akan melakukan peninjauan pada tempat tersebut dalam waktu dekat ini, karena dananya sudah ada tinggal direalisasikan saja lagi,” pungkasnya.

Pertemuan Bupati Bengkalis Kasmarni dengan BWSS III didampingi Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bengkalis Rinto, Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bappeda Muhammad Azmir, Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Irjauzi Syaukani.

Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com


Sumber : https://www.cakaplah.com/berita/baca/69043/2021/05/04/kunjungi-bwss-iii-pekanbaru-kasmarni-bahas-tiga-hal-ini/
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...