Komisi III DPRD Pelalawan Kunker ke Kemenkominfo RI, Ini Tujuannya


PELALAWAN (CAKAPLAH) – Dewan Pewakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pelalawan Komisi III melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI), Rabu (13/2/2020).

Kunjungan kerja komisi III ini dipimpin Wakil Ketua I DPRD Pelalawan Syafrizal SE. Turut mendampingi Ketua Komisi III DPRD Monang Pasaribu dan Anggota Komisi III diantaranya Nazaruddin Arnazh, Junaidi Purba, Parji, Afrizal, Abdul Muzakir, Andri Fransiskus, Suwandi dan Yuliasa Gulo.

Selain itu juga hadir Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Hendri Gunawan, Kabid Informasi Komunikasi Publik Masril dan Kabid E-Government Yopan Rakhmatullah.

Kunjungan kerja Komisi III ini diterima langsung oleh Direktorat Jenderal Aptika diwakili oleh Kasi Pengembangan Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Daerah Dwi Elfrida Simanungkalit.

Dalam pertemuan ini Wakil Ketua DPRD Pelalawan Syafrizal mempertanyakan perihal dana alokasi khusus bidang komunikasi dan informatika kepada pihak Kementerian Kominfo RI dalam hal mendukung suksesnya Program Smart City di kabupaten/kota se-Indonesia, khususnya di kabupaten Pelalawan.

Selain itu ia juga mempertanyakan peran swasta dalam mendukung program smart city, misalnya dalam pembangunan tower telekomunikasi, untuk menunjang kelancaran informasi di masyarakat, khususnya daerah/desa yang tidak memiliki sinyal. Ketersediaan jaringan telekomunikasi ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat di era digitalisasi yang serba online ini.

Menanggapi pertanyaan delegasi DPRD Pelalawan ini, Kasi Pengembangan Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Daerah Dwi Elfrida Simanungkalit mengatakan, perlu komitmen bersama dari semua pihak. Baik pemerintah, swasta dan masyarakat, untuk mewujudkan program smart city tersebut.

Pasalnya, suksesnya program smartcity ini merupakan salah satu indikator penilaian pusat untuk memberikan Dana Insentif Daerah (DID). Sebagai informasi, setelah masuknya Kabupaten Pelalawan dalam gerakan 100 smart city di Indonesia, pemerintah pusat telah mengalokasikan dana ke Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan sebagai reward dari keberhasilan pencapaian program smart city pada tahun 2018 reward sebesar Rp 8 miliar. Dan tahun 2019 reward yang diberikan mengalami peningkatan yang signifikan, yakni sebesar Rp 35 miliar.

Di lain sisi Wakil Ketua I DPRD Syafrizal berharap Kemenkominfo RI dan Diskominfo Pelalawan bersinergi dalam memberikan pelayanan digitalisasi kepada masyarakat. Karena Pelalawan masuk dalam gerakan 100 smart city kab/kota se-Indonesia. Jadi perlu Diskominfo bergerak cepat dan komunikatif bersama Kementerian terkait sehingga Program Kementerian Kominfo RI ini bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com


Sumber : https://www.cakaplah.com/berita/baca/2020/02/14/komisi-iii-dprd-pelalawan-kunker-ke-kemenkominfo-ri-ini-tujuannya/

Ekstrak Uncaria - Herbal Dari Ekstrak Daun Gambir Pilihan

Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...