Ketahui 5 Tanda Miliki Kepribadian Tidak Percaya Diri


Suara.com – Rasa percaya diri yang kamu miliki bisa saja berkurang karena alasan tertentu. Kalau sudah begitu, kamu cenderung jadi pribadi yang pemalu dan tidak percaya diri.

Rasa tidak percaya diri biasanya timbul ketika kamu merasa ada yang kurang dalam dirimu. Misalnya penampilan, trauma masa kecil, bahkan meragukan kemampuan diri sendiri.

Selain itu, membandingkan diri dengan orang lain juga bisa membuat rasa percaya diri menurun. Berikut ini lima tanda bahwa kamu memiliki rasa tidak percaya diri seperti  yang dilansir dari Healthshots:

1. Selalu meminta maaf

Baca Juga: Orang Tua Gunakan Kalimat Positif, Anak Bisa Tumbuh dengan Percaya Diri

Ilustrasi meminta maaf (Elements Envato)

Tidak diragukan lagi, bahwa seseorang harus meminta maaf atas kesalahannya yang telah dilakukan, tetapi orang yang kurang percaya diri meminta maaf bahkan ketika ia tidak bersalah. Hal ini terjadi karena adanya keraguan diri sendiri dan kurangnya keberanian untuk membela diri.

2. Menarik diri dari lingkungan sosial

Ilustrasi Pria Tidak Jadi Menikah (Pexels/Inzmam)
Ilustrasi (Pexels/Inzmam)

Orang dengan rasa kepercayaan diri yang rendah cenderung mengisolasi diri secara sosial, karena merasa tidak cocok dengan lingkungan manapun. Selain itu, rasa negatif juga memengaruhi tindakan penarikan diri dari lingkungan.

3. Mencari persetujuan dari orang lain

Ilustrasi wanita (pexels/@minan1398)
Ilustrasi (pexels/@minan1398)

Orang dengan kepercayaan diri yang rendah tidak memercayai penilaian diri sendiri. Karena itu, orang yang kurang percaya diri mencari persetujuan dari orang lain untuk membuat keputusan, yang dapat memengaruhinya.

Baca Juga: Dear Ayah dan Bunda, Ini Pentingnya Gunakan Kalimat Positif Kepada Anak

4. Menyalahkan orang lain


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2021/02/23/175000/ketahui-5-tanda-miliki-kepribadian-tidak-percaya-diri
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...