Kepri Punya Potensi Kembangkan Sports Tourism

KEPRI – Menpora,  Zainudin Amali menilai Kepulauan Riau (Kepri) sangat berpotensi sebagai wilayah untuk mengembangkan Sports Tourism. Hal itu disampaikan Zainudin Amali pada acara jamuan makan malam oleh Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar Baharudin di Restoran Kelong Shangrila, Sabtu, (21/11/2020) malam.

“Kepri itu banyak dikitari lautan dan yang terkenal dalam peradaban sebagai Selat Malaka, sangat cocok dikembangkan olahraga bahari sekaligus pariwisata. Jadi, potensi Kepri untuk mengembangkan Sports Tourism cukup besar,” kata Menpora RI.

“Saya tadi mampir ke Lagoi, indah dan pasti banyak diminati. Contoh, Thailand saja yang dulu hanya mengandalkan pendapatan sektor hiburan sekarang sudah paket wisata dan olahraga. Negara kita lebih punya potensi karena sumber daya alam yang luar biasa,” tambahnya.

Menurut Zainudin Amali, pemandangan yang luar biasa di Treasure Bay Bintan dan Bintan Cakrawala Resort, Lagoi, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau punya daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun luar negeri. “Lagoi ini indah dan pasti banyak diminati, apalagi sudah dirancang dengan berbagai fasilitas untuk bisa berolahraga,” katanya.

Letak strategis di Selat Malaka, berbatasan langsung dengan beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Kamboja, Vietnam, dan persinggahan lalu-lintas perdagangan internasional, meskipun suasana seperti sekarang sekalipun akan mudah mendatangkan orang bila ada kemasan pariwisata berpaket olahraga.

“Sekarang tinggal bagaimana kita meyakinkan negara-negara lain tentang penanganan Covid 19 saja, jika mereka sudah percaya di sini akan mudah karena jarak antar negara dekat,” jelasnya.

Sebelumnya, Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar Baharudin mengatakan rencana Kepti dalam waktu dekat akan diadakan perlombaan Dragon Boat, olahraga air perahu naga yang banyak diminati wisatawan.

“Tanjungpinang ini dalam sejarahnya adalah pusat peradaban dan pusat perdamaian, semua bangsa lewat dan singgah di sini (Selat Malaka), nanti ada Dragon Boat semoga menggeliatkan kembali olahraga dan perekonomian,” ujar Bahtiar.

Kesiapan Kepri untuk mengembangkan Sports Tourism juga disampaikan Direktur Human Resources & Administration, Nana Pardianawati. Bahkan, dia menjelaskan Treasure Bay Bintan dengan luas sekitar 90 Ha punya fasilitas sangat memadai bagi para penikmat rekreasi sekaligus berolahraga.

Seperti Fun Park dimana tersedia Classic Car, Solar Boat. Yang X-Perience ada Cable Ski, yaitu bisa bermain ski dengan tetap aman karena tetap terkendali dalam kabel. Bagi pecinta olahraga adrenalin tersedia X-Treme Adventure dengan ATV Off-Road Trains, Mini Electric ATV, dan lain-lain. ***


Sumber : https://www.goriau.com/berita/baca/kepri-punya-potensi-kembangkan-sports-tourism.html
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...