Kenapa Daging Kambing Bau? Ini Jawaban dan Cara Hilangkan Bau Kambing


Suara.com – Berbeda dengan daging sapi maupun ayam, daging kambing memiliki aroma yang khas. Alasan daging kambing bau dan cara menghilangkan bau daging kambing menjadi pertanyaan yang ingin diketahui jawabannya oleh banyak orang.

Daging kambing bau prengus lantaran ada senyawa karbonil volatil, yakni senyawa organik yang mengandung gugus karbonil dan bersifat volatil atau tidak mudah menguap. Senyawa karbonil volatil ini termasuk di antaranya ialah aldehid, keton, lakton, flavonoid, fenolik, dan alkaloid.

Asam lemak yang teroksidasi selama memasak daging kambing ini lantas memunculkan aroma yang khas atau prengus. Nah, itulah alasan kenapa daging kambing bau!

Lalu, bagaimana cara menghilangkan bau prengus pada daging kambing? Berikut ulasannya.

1. Hilangkan lemak pada daging

Asam lemak yang melekat pada daging kambing adalah faktor utama penyebab daging menjadi bau prengus. Sehingga perlu dihilangkan sebelum dimasak. Meski begitu, bau prengus daging kambing tidak bisa hilang seluruhnya. Sebab, di dalam daging masih ada jaringan lemak lainnya yang menyebabkan bau prengus masih bertahan. Namun, setidaknya dengan memisahkan lemak, bau prengus bisa berkurang.

2. Tambahkan perasan jeruk nipis

Setelah menghilangkan lemak pada daging, tambahkan perasan jeruk nipis sebelum daging dimasak. Lumuri daging secara menyeluruh lalu diamkan beberapa saat. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan rempah lainnya untuk menyamarkan bau prengus daging kambing.

3. Jangan cuci daging

Jika biasanya bahan makanan lain harus dicuci sebelum dimasak, maka hal ini berbeda dengan daging kambing. Sebaiknya tidak mencuci daging sebelum dimasak agar bau prengus hilang. Jika ada bagian daging yang kotor, Anda bisa memotong dan memisahkannya atau membersihkan bagian yang kotor saja.


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2020/08/02/185601/kenapa-daging-kambing-bau-ini-jawaban-dan-cara-hilangkan-bau-kambing
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...