займ на карту онлайн

Kandung Senyawa Kimia dan Pestisida, 5 Makanan Asal China Ini Berbahaya bagi Tubuh


JAKARTA — China mengekspor banyak jenis makanan ke berbagai negara, termasuk ke Indonesia. Beberapa jenis di antaranya ternyata berbahaya bagi tubuh manusia, karena mengandung racun berupa senyawa kimia hingga pestisida.

Dikutip dari detik.com yang melansir Better Be (5/3/2021), berikut lima makanan asal China yang disebut berbahaya.

1. Jagung

Jagung merupakan salah satu produk pangan yang banyak diekspor China ke berbagai negara. Tapi sayangnya masih banyak petani hingga produsen nakal, yang menambahkan senyawa kimia ke dalam produk jagung mereka.

Menurut Better Be, banyak produsen jagung di China yang menambahkan siklamat. Zat ini digunakan untuk menambah kecerahan warna kuning pada jagung, sekaligus membuat rasanya menjadi lebih manis.

Sayangnya kandungan siklamat ini cukup beracun, apalagi jika dikonsumsi dalam porsi yang banyak. Bahkan siklamat sendiri penggunaannya sudah dilarang di Amerika Serikat. Tapi masih legal di beberapa negara.

2. Ginseng

Sering digunakan sebagai obat hingga ramuan untuk kesehatan. Kebanyakan ginseng yang beredar di berbagai negara berasal dari China.

Meski dilabeli sebagai obat atau produk kesehatan, ginseng impor ini belum tentu sehat dan aman dikonsumsi. Hal ini dijelaskan oleh ogranisasi Greenpeace yang menguji kualitas ginseng dari China.

Mereka menemukan ada beberapa pestisida hingga kimia berbahaya dalam jumlah besar, di setiap produk ginseng asal China. Bahkan satu akar ginseng tidak hanya mengandung satu zat kimia saja, melainkan banyak kimia yang bisa merusak tubuh manusia.

3. Mie Beras

Mie beras atau rice noodle merupakan hidangan yang populer di berbagai negara di Asia. Khususnya di Asia Tenggara. Kebanyakan produk mie beras instan berasal dari China, yang ternyata masuk ke dalam jajaran makanan yang disebut berbahaya.

Mirip seperti kasus jagung, banyak pengelola pabrik dan produsen mie beras yang menambahkan kimia serta pengawet. Tujuannya agar produk mie tetap terlihat segar dan kenyal ketika dimasak.

Salah satunya penggunaan kandungan sulfur dioksida, di mana sering dikaitkan dengan penyakit kanker. Jadi banyak ahli yang menyarankan untuk mengurangi konsumsi mie beras yang diimpor dari China.

4. Susu Formula

China menjual susu formula ke berbagai negara. Tapi lewat rentetan kejadian yang ada, susu formula ini bisa berbahaya untuk ginjal anak-anak.

Dalam beberapa tahun terakhir banyak orang-orang yang jatuh sakit setelah meminum susu formula dari China. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, semuanya mengalami keluhan di tubuh mereka.

Banyak yang menyangka bahwa susu formula dari China mengandung melamin. Melamin digunakan agar kandungan protein di susu tetap tinggi, meski bahan-bahan susu sudah ditambahkan air atau dikurangi.

5. Udang

Udang masuk ke dalam jajaran seafood asal China yang paling sering dikirim ke luar negeri atau diekspor. Beberapa tahun yang lalu Institute of Environmental and Human Health di Texas, menemukan kandungan yang mengejutkan dalam udang asal China.

Beberapa peneliti tertarik meneliti udang-udang yang dibeli dari beberapa toko berbeda. Kemudian mereka menemukan bahwa hampir setiap udang terdapat kandungan enrofloxacin, chloramphenicol, dan carcinogen nitrofurazone.

Kandungan ini biasanya ditemukan pada obat antibiotik ilegal yang beredar di Amerika. Tentu saja kandungan ini cukup berbahaya jika terpapar di dalam udang, kemudian dikonsumsi oleh manusia.***


Sumber : https://www.goriau.com/berita/baca/kandung-senyawa-kimia-dan-pestisida-5-makanan-asal-china-ini-berbahaya-bagi-tubuh.html
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...