займ на карту онлайн

Jangan Terlewat, Ini Hal Penting yang Harus Ada Dalam Daftar Riwayat Hidup


Suara.com – Dalam melamar pekerjaan, salah satu aspek yang sangat penting adalah membuat daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV).

Melalui CV, pihak perusahaan dapat melihat berbagai informasi dasar calon pekerja seperti biodata, riwayat pendidikan, prestasi, dan lain-lain.

Saat ini, CV sangat menentukan dalam melamar pekerjaan. CV menjadi salah satu pertimbangan untuk diterima dalam sebuah perusahaan.

Untuk itu, sangat penting membuat CV yang bagus agar menarik perhatian dan dapat diterima dalam sebuah pekerjaan.

Baca Juga: Niat Melamar Kerja, Gadis Ini Malah Dilamar Balik Oleh Ibu HRD

Ilustrasi lamaran kerja (Shuttertstock).

Berikut terdapat beberapa tips yang harus dilakukan agar CV sukses dilirik sehingga dapat diterima saat melamar pekerjaan seperti yang dilansir di Top Universities.

1. Mulai dengan kelebihan yang dimiliki
Salah satu yang membuat perusahaan yakin dengan calon pekerjaan adalah CV yang dibuat menarik perhatian. Oleh karena itu, buatlah profil yang kuat serta masukkan kelebihan yang dimiliki. Misalnya, memasukkan jika kamu orang yang pekerja keras, berkomitmen, bertanggung jawab.

2. Menekankan hasil
Pengalaman akan sangat penting untuk dicantumkan. Banyaknya pengalaman membuat perusahaan yakin seseorang bisa diandalkan. Namun, mencantumkan pengalaman saja tidak cukup. Perlu juga memasukan hasil yang diperoleh dari pengalaman tersebut. Untuk itu, diperlukan portofolio sebagai bukti hasil pekerjaan yang dilakukan.

3. Sesuaikan untuk pekerjaan yang diinginkan
Dalam membuat CV hal yang penting adalah sesuai dengan pekerjaan yang akan diambil. Hal ini sangat berguna karena perusahaan akan mengetahui orang tersebut telah memiliki pengalaman dengan pekerjaan yang akan diambilnya. Semakin banyak pengalaman yang berhubungan dengan pekerjaan yang tersedia, akan membuka peluang lebih besar untuk diterima.

4. Tampilkan perubahan dan pertumbuhan
Perusahaan berharap calon pekerja akan memberikan dampak yang baik. Oleh karena itu penting untuk menampilkan perubahan terhadap pencapaian yang diraih. Dengan menampilkan hal tersebut, perusahaan dapat melihat calon pekerja memiliki keinginan untuk belajar dan terus mengembangkan kemampuan yang dimiliki.

Baca Juga: Cewek Lamar Kerja Malah Dapat Tawaran Tak Terduga, Publik: Jangan Ditolak

5. Tunjukkan wawasan
Hal penting dalam mencantumkan CV yaitu menampilkan wawasan yang dimiliki. Hal ini dapat terlihat dari pengalaman serta hasil yang didapat. Dengan ini, perusahaan akan mengetahui orang tersebut memiliki kemampuan untuk mengikuti perkembangan zaman sehingga dapat beradaptasi dengan perubahan yang akan terjadi ke depan.


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2021/03/02/190656/jangan-terlewat-ini-hal-penting-yang-harus-ada-dalam-daftar-riwayat-hidup
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...