займ на карту онлайн

Jamaah An Nazir Sudah Puasa Sejak Kemarin

GOWA — Sebagian umat Islam di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, sudah mulai melaksanakan shalat Tarawih pada Sabtu (10/4/2021) malam dan menunaikan puasa Ramadhan mulai Ahad (11/4/2021).

Umat Islam di Gowa yang sudah menjalankan puasa Ramadhan sejak kemarin merupakan Jamaah An Nadzir di Kelurahan Mawang, Kecamatan Bontomarannu. Ada ribuan jamaah An Nazir di Kelurahan Mawang tersebut.

Dikutip dari Kompas.com, penetapan 1 Ramadhan 1442 Hijriah ini berdasarkan hasil rapat dari Tim Sembilan yang dibentuk oleh jamaah An Nazir.

Rapat yang digelar pada Sabtu (10/4/2021) pukul 16.00 Wita di Masjid Al Muqaddis ini diikuti oleh sembilan tokoh penting jamaah An Nazir.

”Berdasarkan hasil rapat kemarin sore maka hari ini jamaah An Nazir menetapkan 1 Ramadhan 1442 Hijriah jatuh pada hari ini,” kata pimpinan jamaah An Nazir Samiruddin Pademui saat dihubungi wartawan, Ahad.

Samiruddin menjelaskan, penetapan 1 Ramadhan ini berdasarkan Al Quran dan hadis serta perhitungan bulan atau hisab yang didukung oleh fenomena alam seperti gelombang pasang puncak air laut.

”Kami berhitung dengan bulan purnama pada tanggal 14 hingga 16 dan terakhir 28 dan 29 lalu kami padukan dengan terjadinya puncak pasang air laut sebagai pertanda pergantian bulan. Hal ini dibuktikan dengan fenomena hujan, angin kencang serta petir. Saat pergantian bulan, bumi dan matahari sejajar pada garis horizontal yang menyebabkan gaya gravitasi bumi mengakibatkan terjadinya gelombang pasang puncak air laut,” kata Samiruddin.

Jamaah An Nazir yang bermukim di pesisir danau Mawang ini terbilang unik lantaran cara berpakaian pria yang menggunakan sorban hitam dan rambut panjang berwarna pirang.

Sementara bagi kaum wanita mengenakan burka atau jilbab yang menutupi seluruh tubuh kecuali telapak tangan.***


Sumber : https://www.goriau.com/berita/baca/jamaah-an-nazir-sudah-puasa-sejak-kemarin.html
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...