Jadi Barista Dadakan di Rumah, Ini 4 Cara Racik Kopi ala Gerai Kopi Populer


Suara.com – Pecinta kopi kerap menghabiskan waktu berjam-jam untuk menikmati minuman yang disajikan barista di kedai kopi favorit.

Tapi saat pandemi, aktivitas itu sulit dilakukan karena khawatir tertular Covid-19 di gerai kopi.

Tenang, Anda bisa kok meracik kopi sendiri ala barista di coffee shop dengan 4 tips sebagai berikut, mengutip World of Buzz, Kamis (21/1/2021).

1. Pakai trik kopi kubus
Alih-alih memanfaatkan es batu yang justru akan membuat rasa kopi atau racikan kopi berubah. Coba gunakan trik kopi kubus, caranya dengan bekukan kopi espresso di dalam kotak pencetak es.

Baca Juga: Upaya Pengusaha Kopi Bertahan dan Berbagi Di Tengah Pandemi

Sajian es kopi susu. (Shutterstock)

Setelah membeku Anda bisa meletakkannya di gelas, jumlah espresso kubus bisa disesuaikan dengan selera Anda, lalu tuangkan susu segar atau karamel sesuai selera, perlahan kopi espresso akan mencair.

2. kopi dan susu 
Jika Anda tidak begitu menyukai espresso yang terlalu pahit, bisa juga membekukan susu atau pemanis dipadupadankan dengan espresso. Tuangkan dalam gelas, lalu tuangkan susu segar atau freshmilk.

3. Buat buih susu sendiri
Untuk membuat minuman Anda berbuih yang dihasilkan dari susu, Anda tidak perlu alat mewah, yang dibutuhkan hanyalah toples kaca kecil atau sedang.

Isi setengah toples kaca kecil ini dengan susu segar, lalu tutup toples atau botol dengan erat. Kocok selama 20 hingga 30 detik. Buka tutup toples lalu letakkan di microwave selama 30 detik dan buih susu Anda siap disajikan di atas kopi.

4. Cara membuat kopi sirup
Sirupnya bisa berupa cocopandan, red velvet, hingga aneka rasa sirup lainnya. Nah untuk kopinya, bisa Anda gunakan kopi instan yang sudah mengandung gula. Aduk kopi, gula, menggunakan air dingin, masukkan ke microwave panas selama satu menit.

Baca Juga: Studi: Setiap Secangkir Kopi Turunkan Satu Persen Risiko Kanker Prostat

Kocok kembali kopi selama 30 detik sampai gula menyatu. Tuangkan skim sirup menggunakan sendok ke botol kosong, lalu tuangkan sirup ke kopi sesuai selera. Gimana, mudah bukan?


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2021/01/21/143053/jadi-barista-dadakan-di-rumah-ini-4-cara-racik-kopi-ala-gerai-kopi-populer
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...