займ срочно

Ingin Wisata Edukasi Sambil Menggembala Sapi, Coba Kunjungi Tempat Ini


Suara.com – Bagi kamu yang tengah berkunjung ke Kalimantan Timur, kadang penggembalaan sapi, mini ranch, Jayatama yang kedua bisa jadi salah satu alternatif untuk destinasi wisata.

Mini ranch ini berlokasi di Desa Jonggon Jaya, Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara (Kukar) Provinsi Kalimantan Timur

Dikutip dari ANTARA, mini ranch Jayatama sendiri merupakan peternakan sapi mini sekaligus perkebunan berkonsep sustainable farming.

Peternakan ini juga ikut memberdayakan masyarakat lokal dengan memanfaatkan area tanah bekas pertambangan Jayatama dengan dukungan pemerintah Provinsi dan Kabupaten.

Baca Juga: Sudah 8 Bulan Program 10 Juta Sapi Tak Juga Terealisasi, Warga Terpaksa Robohkan Kandang

Ilustrasi sapi (Unsplash)

Di tempat ini, warga bisa menikmati wisata edukasi dengan mengamati ratusan sapi di peternakan dengan hamparan padang rumput nan hijau.

Dalam kesempatan kunjungan, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor meninjau langsung pelayanan inseminasi buatan dan vaksinasi hewan ternak yang ada di kawasan mini ranch yang dijalankan oleh tenaga ahli dari Cattle Buffalo Club (CBC).

Tim CBC merupakan tenaga ahli yang terafiliasi dengan Universitas Padjajaran (UNPAD) dan Dinas Peternakan dan Pertanian untuk membantu program sosialisasi dan edukasi peternakan ke masyarakat sekitar kawasan.

Kunjungan kerja kali ini juga dimanfaatkan Gubernur Isran untuk melakukan audiensi dengan lima kelompok peternak sapi yang ada di Desa Jonggon.

“Salah satu tantangan kami di sini adalah mengenai kebutuhan bahan baku dan alat pembuat silase yang nantinya dapat disimpan lama dan bernutrisi,” kata ketua kelompok ternak Pemuda Karya, Ari.

Baca Juga: Manis dan Legit, Edukasi Pembuatan Gula Jawa Menjadi Opsi Pilihan Wisata Tak Biasa

Pembangunan mini ranch kedua, diharapkan mampu meningkatkan kapasitas kandang menjadi 200 ekor sapi dan diharapkan akan bisa menjadi daya tarik wisata baru di daerah tersebut.


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2021/06/14/155000/ingin-wisata-edukasi-sambil-menggembala-sapi-coba-kunjungi-tempat-ini
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...