Hari Peduli Sampah 2020, Pertamina Bersih-Bersih Lingkungan


DUMAI, datariau.com – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2020, PT Pertamina (Persero) Refinery Unit II Dumai menyelenggarakan bersih-bersih lingkungan yang dipusatkan Fire Camp, Jalan Putri Tujuh, Sabtu (22/02/2020). 

Sekitar 300 peserta terlibat dalam peringatan HSPN 2020 bersama Pertamina RU II Dumai. Tidak hanya dari internal Pertamina, pada peringatan HSPN tahun ini, Pertamina juga bersama Pemerintah, unsur Forkompinda serta melibatkan masyarakat sekitar, pelajar dan mahasiswa dalam kegiatan bersih-bersih lingkungan di kawasan Jalan Putri Tujuh.

Pada momen ini, Pertamina RU II juga berkesempatan memberikan bantuan berupa kendaraan pengangkut sampah kepada Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Lingkungan Hidup yang diterima langsung oleh Walikota Dumai H Zulkifli AS.

Ditemui disela kegiatan, Pjs GM Pertamina RU II Dumai Permono Avianto menyatakan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional ini dilaksanakan sebagai upaya untuk semakin meningkatkan kesadaran insan Pertamina dan juga masyarakat terhadap pentingnya mengelola sampah dan membersihkan lingkungan dari sampah.

“HSPN tahun ini tidak internal kita saja. Melainkan kita juga mengundang sekitar 300 peserta dari berbagai kalangan, baik itu pelajar, mahasiswa, masyarakat bahkan unsur Forkompinda,” sebutnya.

Melalui event ini, ia berharap semangat kepedulian sampah dapat semakin dirasakan oleh berbagai lapisan masyarakat.

Lebih lanjut Permono menerangkan selain sebagai wujud keterlibatan Pertamina RU II dalam Peringatan HPSN 2020 ini, kegiatan bersih-bersih ini sejatinya menjadi bentuk pelestarian tradisi masyarakat Indonesia yang mungkin telah banyak ditinggalkan yakni gotong royong.

“Dengan semangat bergotong royong semoga Kota Dumai semakin tampak bersih dan indah,” tutupnya.

Ditemui ditempat yang sama Walikota Dumai H Zulkifli AS memberikan Apresiasinya kepada Pertamina RU II Dumai yang telah melaksanakan kegiatan HSPN 2020.

Menurutnya, terlaksananya acara ini adalah salah satu bentuk kepedulian Pertamina terhadap sampah dan kebersihan lingkungan. Hendaknya perusahaan-perusahaan lain di Kota ini juga bisa menjaga kebersihan lingkungannya begitu juga dengan masyarakat.

Sebagai daerah yang kerap dijuluki sebagai Kota Industri, pihaknya memiliki tugas yang lebih berat dalam menciptakan kondisi lingkungan yang bersih dan nyaman bagi masyarakat Dumai. 

Salah satu program yang dilaksanakan adalah pembentukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang khusus menangani persoalan sampah. 

“Sampah membawa dampak yang besar bagi keberlangsungan hidup kita dan sampah rumah tangga menjadi penyumbang terbesar sampah di negara kita. Pemerintah Kota Dumai telah memiliki serangkaian program pengendalian sampah. Namun demikian, persoalan sampah tidak hanya menjadi peran pemerintah dan dibutuhkan sinergi yang baik dengan masyarakat,” tukasnya.

Pantauan dilapangan, para peserta diajak bergotong royong menyusuri kawasan Jalan Putri Tujuh untuk bersama-sama mengumpulkan sampah. Bukti mengurangi sampah plastik, dalam kegiatan ini Pertamina RU II Dumai menggunakan bioplastik sebagai plastik pengumpul sampah. Bioplastik berbahan dasar singkong yang dapat diurai mikroba alami dengan cepat.

Editor: Ruslan Efendi

Sumber: datariau.com

Ingin kirim berita? Silahkan hubungi redaksi melalui WhatsApp 081339661966 atau email [email protected]

Sumber: https://datariau.com/berita/Hari-Peduli-Sampah-2020–Pertamina-Bersih-Bersih-Lingkungan قالب وردپرس

Ekstrak Uncaria - Herbal Dari Ekstrak Daun Gambir Pilihan

Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...