займ на карту онлайн

Harga Sawit di Riau Turun, Hal Ini yang Jadi Penyebabnya


RIAU24.COM – Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Provinsi Riau periode 7-13 April 2021 terjadi penurunan.

Kabid Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan (Disbun) Riau, Defris Hatmaja menyebutkan ada beberapa hal yang menyebabkan turunnya harga sawit tersebut.

Dijelaskan dia, turunnya harga TBS periode ini disebabkan oleh terjadinya penurunan harga jual CPO dan kernel dari beberapa perusahaan yang menjadi sumber data.

Baca Juga: Pekan Ini, Harga Sawit di Riau Kembali Turun, Berikut Daftarnya

“Untuk harga jual CPO, PT. PTPN V mengalami penurunan harga sebesar Rp 380,80/Kg, PT. Sinar Mas Group mengalami penurunan harga sebesar Rp 580,30/Kg, PT. Astra Agro Lestari Group mengalami penurunan harga sebesar Rp 176,00/Kg, PT. Asian Agri Group mengalami penurunan harga sebesar Rp 361,56/Kg dari harga minggu lalu,” jelasnya, Selasa, 6 April 2021.

Sedangkan untuk harga jual Kernel, PT. Astra Agro Lestari Group mengalami penurunan harga sebesar Rp 298,09/Kg, PT. Asian Agri Group mengalami penurunan harga sebesar Rp. 330,00/Kg, dari harga minggu lalu.

Sementara dari faktor eksternal, lanjutnya, naiknya harga TBS minggu ini karena  saham emiten kelapa sawit kembali melemah pada awal perdagangan sesi I, di tengah penurunan kembali harga komoditas minyak kelapa sawit pada perdagangan Senin (29/3/2021) kemarin.

Baca Juga: Dari Silaturahmi LAM Riau bersama LAMR Kota Dumai, Azam Bersama Merebut Blok Rokan

Harga CPO drop 1,9% dibanding posisi penutupan pekan lalu. Kini harga minyak nabati unggulan Indonesia dan Malaysia ini dibanderol di RM 3.621/ton dan menjadi harga terendah dalam hampir satu bulan terakhir.

“Kendati mengalami penurunan, harga minyak sawit diperkirakan masih berpeluang menguat,” tuturnya.

Untuk diketahui, turunnya harga sawit di Riau terjadi pada kelompok umur 10 – 20 tahun sebesar Rp 120,23/Kg atau mencapai 5,09% dari harga minggu lalu. Sehingga harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu kedepan turun menjadi Rp 2.240,92/Kg.



Sumber : https://www.riau24.com/berita/baca/1617695408-harga-sawit-di-riau-turun-hal-ini-yang-jadi-penyebabnya
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...