Fokus Tangani Corona, Pemkab Meranti Siapkan 50 Ruang Isolasi


MERANTI, datariau.com – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti akan menyiapkan sebanyak 50 ruang isolasi bagi masyarakat yang diduga suspect Corona Virus atau Covid-19Ruang isolasi akan tersebar dibeberapa tempat fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Selatpanjang.

Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan MSi mengatakan, persiapan ruang isolasi itu sebagai upaya dini pemerintah daerah dalam menangani penularan Corona Virus atau Covid-19 kepada masyarakat. Pendanaannya ditanggung dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kepulauan Meranti.

“Anggarannya sudah disiapkan didalam APBD, yang bersumber dari dana yang tidak disangka dan dana untuk penyakit-penyakit menular. Kalau nanti tidak mampu, baru kita minta bantu ke provinsi atau ke pemerintah pusat,” katanya, belum lama ini.

Dirincikan dia, 50 ruang isolasi tersebut tersebar dibeberapa tempat fasilitas kesehatan. Terdiri dari 20 ruang yang meliputi 6 ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan 14 ruang isolasi di seluruh puskemas di Kabupaten Kepulauan Meranti. Sisa 30 ruang isolasi lagi akan dibangun di halaman RSUD.

“Dengan perhitungan satu orang membutuhkan biaya sebesar Rp10 juta selama 14 hari dalam masa perawatan. Jadi sekitar Rp5 miliar lebih untuk membiayai itu semua,” terang Bupati Irwan.

Dikesempatan yang berbeda, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kepulauan Meranti, Muhammad Fahri SKM menambahkan, upaya pemerintah dalam merealisasikan penambahan ruang isolasi dinilai sangat efektif. Meski ruang isolasi tersebut hanya bersifat sementara untuk menekan penyebaran virus.

“Secara prosedur yang telah disepakati, masyarakat yang diduga suspect corona akan dilakukan penanganan dengan dibawa ke ruang isolasi. Namun jika pasien saat diperiksa positif corona, tindak lanjut penanganannya tetap dirujuk ke RSUD Provinsi. Hal ini mengingat RSUD di Kepulauan Meranti bukan rumah sakit rujukan,” terangnya, Selasa (31/3/20).

Disisi lain, Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti itu menjelaskan, ruang isolasi yang disiapkan adalah sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam menghadapi wabah Virus Corona. Sedini mungkin akan dilakukan upaya penanganan cepat, walaupun minim fasilitas kesehatan.

“Ruang isolasi yang disediakan itu tetap memiliki tingkat keamanan sesuai standar. Khususnya yang di RSUD, jalur untuk ke pintu ruang isolasi sudah diatur sebaik mungkin dan tidak bersentuhan langsung dengan orang lain,” tambah Muhammad Fahri lagi.(mad)

Editor: Redaksi

Sumber: datariau.com

Ingin kirim berita? Silahkan hubungi redaksi melalui WhatsApp +62812-7688-7672 atau email [email protected]

Sumber: https://datariau.com/berita/Fokus-Tangani-Corona–Pemkab-Meranti-Siapkan-50-Ruang-Isolasi قالب وردپرس
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...