Faktanya Pakaian Dalam Perlu Dicuci dengan Air Panas, Mengapa?

Share

NOVA.id– Pakaian bersih identik dengan wangi detergen.

Namun, banyak orang yang ternyata salah kaprah akan hal itu. 

Diketahui jika pakaian yang sudah kering setelah dicuci dengan detergen belum terjamin bebas dari kotoran, termasuk pakaian dalam. 

(Baca juga: Ini Penyebab Alergi pada Vagina, Salah Satunya Saat Bercinta)

Melansir Kompas.com, sebuah riset dari Journal of Infection mengungkapkan jika rata-rata pakaian dalam yang bersih ternyata masih mengandung sekitar 0,1 gram

tinja dan bisa ada kandungan kotoran hingga 10 gram. 

Pemimpin riset tersebut, Charles Gerba memberi saran supaya lebih baik kita mencuci pakaian dalam dengan air panas supaya kebersihannya terjamin. 

"Apapun di bawah siklus panas 60 derajat Celcius tidak akan banyak berpengaruh terhadap bakteri. Air dingin dirancang untuk membersihkan pakaian tapi tidak menghilangkan mikroorganisme," kata profesor mikrobiologi di University of Arizona ini.

(Baca juga: Ajaib! Ternyata Air Hangat Punya Banyak Khasiat untuk Tubuh, Salah Satunya Bantu Turunkan Berat Badan)

Ia juga menyarankan kita untuk memakai detergen pemutih oksigen aktif seperti OxiClean atau Clorox 2 jika tidak ingin menggunakan air panas untuk mencuci pakaian dalam. 

Sumber : http://nova.grid.id/Tips/Faktanya-Pakaian-Dalam-Perlu-Dicuci-Dengan-Air-Panas-Mengapa?utm_source=&utm_medium=app&utm_campaign=share_content&utm_content=article


Share

Baca Juga