Fakta Gunung Batur: Lokasi, Riwayat Letusan, Objek Wisata, dan Legendanya


Suara.com – Gunung Batur belakangan jadi setelah gunung yang terletak di Pulau Bali ini disebut-sebut sebagai lokasi pembuatan sebuah video dewasa milik warga asing Rusia. Tak heran, fakta Gunung Batur kini jadi sorotan. 

Di antara beragam destinasi wisata di Bali, Gunung Batur merupakan salah satu yang populer. Gunung ini menyajikan lanskap pemandangan indah yang meliputi danau hingga kaldera super besar. 

Lokasi dan Ketinggian

Gunung Batur merupakan gunung berapi yang terletak di kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangil, Provinsi Bali. Gunung ini memiliki ketinggan 1717 m dan merupakan gunung berapi aktif yang ada di Pulau Bali.

Baca Juga: Bule Rusia Mesum di Tempat Sakral Bali, Diunggah ke Situs Pornhub

Riwayat Letusan

Fakta Gunung Batur. [Shutterstock]

Letusan Gunung Batur tercatat terjadi sejak tahun 1804 dan letusan terakhir terjadi pada tahun 2000 silam. Gunung ini mengalami letusan sebanyak 26 kali sejak tahun 1804 hingga tahun 2000. Letusan yang paling besar terjadi pada tanggal 2 Agustus dan 21 September 1926.

Terdapat Kaldera di Dalamnya

Kaldera merupakan sebuah fitur vulkanik yang terbentuk dari jatuhnya tanah setelah letusan vulkanik, berasal dari  bahasa Spanyol yang berartikan wajan. Diketahui, Gunung Batur memiliki kaldera salah satu yang terbesar di dunia, berukuran 13,8 km x 10 km.

Tinggi kaldera tersebut berkisar antara 1267 m hingga 2152 m. Kaldera tersebut berbentuk dana yang memiliki bentuk yang mirip dengan bulan sabit. Terbentuknya kaldera tersebut dikarenakan akibatkan letusan besar pada 29.300 dan 20.150 tahun yang lalu.

Baca Juga: Tertidur Sejak 1979, Gunung Api di Karibia Meletus, Ribuan Orang Mengungsi

Objek Wisata


Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2021/04/21/211542/fakta-gunung-batur-lokasi-riwayat-letusan-objek-wisata-dan-legendanya
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...