Dosa PKS PT.PCR Tambah Satu Lagi, Ini dia

Share

MANDAU – Berdasarkan keterangan dari pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis, tepatnya Kepala Bidang Penataan Lingkungan Hidupnya, Wahyudin, beberapa waktu lalu, bahwa batas tanggal jatuh tempo pelaksanaan sanksi administratif yang diterbitkan DLH Kabupaten Bengkalis ke pihak perusahaan Pabrik Kelapa Sawit Permata Citra Rangau (PKS PT.PCR) yang berada di jalan Gajah Mada KM 3,5 Kelurahan Talang Mandi Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis, adalah per tanggal 10 Juni 2018 lalu.


Namun dari pantauan Spiritriau.com di lingkungan perusahan PKS PT.PCR Sebanga Duri pada Rabu 13 Juni 2013, tepatnya sebagaimana sesuai dengan salah satu poin sanksi pihak DLH Kabupaten Bengkalis, yakni perbaikan saranan prasarana pengelolaan limbahnya, ternyata menimbulkan berbagai persoalan di tengah-tengah masyarakat yang masih bertempat tinggal bersebelahan langsung dengan lingkungan PKS PT.PCR tersebut.


Diantaranya, seperti pencemaran sumber air bersih, pencemaran udara yang selalu beraroma busuk yang dikeluarkan oleh limbah-limbah yang berada di kolam tersebut.


Dan lebih parahnya lagi, ternyata pembangunan kolam-kolam limbah PKS PT.PCR yang baru pasca menerima sanksi tersebut, ternyata ditentukan asalan saja oleh pihak PKS PT.PCR Sebanga, tanpa ada pemberitahuana, musyawarah atau pun persetujuan dari masyarakat yang bertempat tinggal langsung bersebelahan pembangunan kolam limbah tersebut.


Bahkan sadisnya lagi, ternyata masyarakat yang bertempat tinggal yang bersebelahan langsung dengan pembangunan kolam limbah tersebut ditipu atau boleh disebut dibodoh-bodohin langsung oleh pihak PKS PT.PCR. 


Karena awalnya pihak perusahan PKS PT.PCR beralasan bahwa pemerataan areal tersebut untuk pembangunan perumahan, taman dan sarana olah raga, bukan untuk pembangunan kolam limbah. Namun kenyataannya adalah untuk pembangunan kolam-kolam limbah.


Ketika Spiritriau.com mencoba konfirmasi ke warga yang kediamannya bersebelahan langsung dengan pembangunan kolam limbah PKS PT.PCR tersebut, warga yang namanya enggan dipublikasikan itu membenarkan bahwa dirinya telah ditipu oleh pihak perusahaan PKS PT.PCR Sebanga Duri.


” Benar bang, kami merasa sudah tertipu daya oleh pihak PKS PT.PCR ini. Awalnya kata si Hendrik yang entah apa jabatannya di PKS PT.PCR ini, entah HRD entah apa lah itu, bahwa pihak PKS PT.PCR akan membangun perumahan dan taman, dan kataya kita akan bertetangga kak, “ujar sumber saat ditemui dekediamannya pada Rabu 13 Juni 2018.


Masih terang warga tersebut,  beberapa hari kemudian ia bertemu dengan pihak PKS PT.PCR, yang bernama Bangun, lagi lagi beliau mengatakan akan membuat perumahan untuk Pak Darmalis. “Kalau kolam limbah hanya dua saja yang di bawah itu, “cetus warga tersebut dengan.


“Namun nyatanya mereka membuat kolam limbah sampai berdekatan dengan rumah saya. Dan kemarin saya tanyakan lagi mereka diam saja. Dan tiba-tiba kolam limbah terakhir ini belum siap digali keseluruhannnya, sudah di isi mereka dengan air limbah. Sepertinya pihak perusahan ada unsur sengaja tidak mengindahkan keselamatan lingkungan. Dan kalau kita laporkan ke pihak RT, saya rasa sama saja. Pasalnya pak RT nya pun terkesan membela pihak perusahaan. Seperti kemarin mereka membobol jalan purnama untuk menanam pipa limbahnya, Pak RT kami itu yang tegak-tegak ngawasi pekerjaan itu, “tambah warga yang lainnya.


“Yang jelas, habis lebaran Idul Fitri 1439 H ini, saya akan datangi lagi pihak perusahaan PKS PT.PCR ini. Saya akan minta pertanggung jawaban mereka, “tutup warga tersebut.


Sementara terkait hal tersebut, pihak Perusahaan PKS PT.PCR Sebanga Duri, maupun pihak DLH Kabupaten Bengkalis belum dapat dikonfirmasi sampai dengan diterbitkan berita ini. (win)

Sumber : http://spiritriau.com/view/Peristiwa/109577/Dosa-PKS-PT-PCR-Tambah-Satu-Lagi–Ini-dia.html

قالب وردپرس


Share

Baca Juga