займ на карту онлайн

Disurati Menteri Pertanian, Gubri Ngaku Disuruh Siapkan Lumbung Pangan


PEKANBARU (CAKAPLAH) – Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengaku telah menerima surat dari Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo untuk mempersiapkan lumbung pangan (Food Estate). 

Surat itu tindaklanjut permohonan usulan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang ingin punya food estate. Dimana pemerintah setempat telah menyiapkan lahan seluas 30.000 hektare. 

“Saya kemarin sudah menerima surat dari Menteri Pertanian. Kan saya sudah menghadap pak Menteri ingin membangun food estate,” kata Gubri kepada CAKAPLAH.com, Kamis (8/1/2021). 

Gubri mengaku, surat Mentan tersebut ditujukan seluruh gubernur se-Indonesia agar mempersiapkan food estate. 

Lebih lanjut Gubri mengatakan, rencana food estate yang direncanakan Pemprov Riau berada ditiga kabupaten, yakni Rokan Hilir, Indragiri Hilir dan Pelalawan. 

“Namun untuk tahap awal Menteri Pertanian minta satu kabupaten sebagai contoh,” cetusnya. 

Hanya saja, lanjut Gunri, dalam membangun food estate harus dengan korporasi (perusahaan) petani. “Sedangkan untuk pembiayaan melalui swasta dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD),” cakapnya. 

Untuk diketahui rencana food estate karena Riau ingin menjadi lumbung pangan baru. Sedangkan komoditas yang akan ditanam di food estate yaitu padi dan jagung, serta beberapa tanaman perkebunan bernilai ekonomis.

Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com


Sumber : https://www.cakaplah.com/berita/baca/67807/2021/04/08/disurati-menteri-pertanian-gubri-ngaku-disuruh-siapkan-lumbung-pangan/
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...