Disiplin Penerapan 3M di Kawasan Lanud Roesmin Nurjadin


PEKANBARU – Untuk memutus penyebaran virus Coronavirus Disease atau Covid-19, kawasan militer di lapangan udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Provinsi Riau, menerapkan protokol kesehatan 3M ketat sesuai yang dianjurkan oleh pemerintah, yaitu wajib memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan.

Saat memasuki kawasan ini, setiap tamu yang datang juga akan diedukasi melalui papan-papan imbauan untuk mentaati protokol kesehatan yang terpampang di sepanjang jalan. Bahkan, pemandangan pertama yang akan terlihat saat melintas di pintu gerbang Lanud Roesmin Nurjadin Pakanbaru adalah tulisan imbauan bertuliskan “Kawasan wajib menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak”.

“Jangan coba-coba masuk dengan tidak menggunakan masker, sebab masyarakat maupun anggota tentara nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU), tanpa terkecuali tidak akan diberikan masuk oleh polisi militer AU.”

Selain itu di setiap kantor satuan kerja yang ada di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru juga tidak hanya terpampang papan imbauan protokol kesehatan 3M, tetapi juga tersedia tempat cuci tangan dan petugas pemeriksaan suhu tubuh.

Sehingga dipastikan tidak ada satu pun orang yang masuk di kawasan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru yang tidak mengenakan masker. Bahkan, setiap saat masuk ke ruangan kantor, semua orang harus mencuci tangan dan menjaga jarak. Hal ini pun telah dilakukan dengan baik oleh para pimpinan Lanud Roesmin Nurjadin hingga seluruh personel TNI AU dan tamu.

“Kami menerapkan protokol kesehatan 3M dimasa pandemi Covid-19 ini. Pertama seluruh anggota Lanud, baik itu komandan satuan kerja tidak ada pengecualian, untuk selalu menggunakan masker, selalu mencuci tangan, secara rutin, setelah kegiatan maupun sebelum kegiatan. Juga setiap kegiatan kita atur jaraknya,” kata Kepala Rumah Sakit dr Sukiman Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Mayor Kes Agus Sukamto SpPD di Lanud Roesmin Nurjadin, Selasa (13/10/2020).

Selain itu jelas Agus, untuk kegiatan besar yang dilakukan, jika biasanya peserta yang dihadirkan full sesuai dengan kapasitas gedung, saat pandemi Covid-19 ini pihaknya hanya mengizinkan setengah dari kapasitas gedung. Termasuk saat rapat-rapat dinas dilakukan.

“Ini memang sudah perintah langsung dari pimpinan kami, untuk melakukan protokol kesehatan. Kita terus menekankan kepada anggota untuk menghindari kerumunan, menjaga kesehatan, dan mengkonsumsi vitamin, makanan yang sehat bagi tubuh,” lanjutnya.

Lebih lanjut kata Agus, hal itu tidak terkecuali untuk masyarakat atau tamu yang datang ke Lanud Roesmin Nurjadin, seluruhnya wajib mengikuti protokol kesehatan yang diterapkan di Lanud Roesmin Nurjadin Pakanbaru.

“Kami berpesan kepada masyarakat Riau, khususnya masyarakat Kota Pekanbaru, agar tetap menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 ini, jauhi kerumunan, jika tidak terlalu penting untuk keluar rumah, lebih baik di rumah bersama keluarga. Agar kita dapat memutus penyebaran virus ini di negeri kita,” tutup Agus. ***


Sumber : https://www.goriau.com/berita/baca/disiplin-penerapan-3m-di-kawasan-lanud-roesmin-nurjadin.html
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...